Rabu, April 06, 2016

Fakta-Fakta Tentang Olimpiade Pertama Yang Ada Di Google Doodle Hari Ini


Status sebagai IT Support menjadikan gue selalu memanfaatkan Internet untuk mencari solusi tentang kendala yang gue hadapi, setiap hari gue selalu memanfaatkan Google sebagai buku besar pedoman dalam menangani masalah, misalnya kendala laptop tiba-tiba mati sendiri, banyak hal yang gue cari di Internet tentang masalah itu, mulai dari kondisi Ram yang kemungkinan rusak, Harddisk yang badsector sampai ada yang bilang mending ganti laptop aja.

Setelah gue coba cek semuanya satu per satu, akar permasalahnya adalah batrai laptopnya abis. Terkadang sepintar apapun orang dalam hal yang dia kuasai belum tentu sepenuhnya dia tau, jadi jangan pernah menyepelekan orang lain tentang pekerjaannya. Setiap orang memiliki kapasitasnya masing-masing.

Balik lagi ke Google.


Hari ini logo Google sedikit berbeda, pas krusor gue arahkan di logo tersebut ada tulisan yang muncul, Hari Olimpiade Modern Pertama. Wow. Karena gue orangnya kepo, gue langsung klik logo itu lalu diarahkan ke Wikipedia, dan akhirnya gue baru tahu tentang Fakta-Fakta Olimpiade Modern Pertama.

Cek this out.

Olimpiade modern pertama terjadi pada musim panas tahun 1896, tepatnya tanggal 6 April. Ajang olahraga dunia ini digelar pertama kali di ibukota Yunani Athena oleh bangsawan Prancis, Pierre de Coubertin di Paris. Sebelumnya dibentuklah Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk memfasilitasi ajang ini pada 23 Juni 1894.

Tujuan dari Olimpiade modern pertama adalah untuk menggalang persahabatan antar bangsa di dunia. Tujuan Olimpiade juga tercermin dalam bendera olimpiade yang diciptakan oleh Coubertin, tahun 1914.

Di Olimpiade modern pertama hanya ada 9 cabang olahraga saja. Sejarah menunjukkan bahwa saat pertama kali diadakan, Olimpiade modern pertama hanya mempertandingkan 43 jumlah pertandingan olahraga.

Jumlah peserta dan atlet yang ikut serta di Olimpiade Athena, Yunani, masih sangat sedikit. Saat itu hanya ada 13 negara yang berpartisipasi dengan 245 jumlah atlet. Namun gelaran olahraga terbesar saat itu sukses ditengah himpitan keuangan negara Yunani kala itu dengan moto dari Olimpiade tersebut adalah Citius Altius Fortius yang berarti “lebih cepat, lebih tinggi, dan lebih kuat”.

Olimpiade modern pertama hanya berlangsung selama 9 hari. Dengan jumlah hanya 13 negara namun Olimpiade modern pertama adalah merupakan keikutsertaan internasional terbesar untuk ajang olahraga pada masa itu. Digelar di Stadion Panathinaiko, Olimpiade modern pertama ditutup pada 15 April 1896.

Dalam perkembangan sejarahnya, Olimpiade selalu menggunakan maskot atau lambang. Arti lambang Olimpiade adalah pembawa keberuntungan atau keselamatan. Bisa berbentuk orang, binatang, atau benda.

Dalam sejarah olimpiade modern pasti ada Api Olimpiade. Api Olimpiade dalam sejarah Olimpiade Kuno adalah memperingati pencurian api dari Dewa Zeus oleh Prometeus ketika api dibiarkan menyala selama perayaan Olimpiade Kuno.
Nah, akhirnya gue tau Fakta-Fakta ini.

sumber: Bloggerpedia

27 komentar

  1. Selamat hari olimpiade modern pertama. Pagi-pagi juga aku gitu sih dikejutkan dengan tampilan google yang berbeda hihi

    BalasHapus
  2. Wah pantes ada yang berbeda dari google.
    Semoga anak bangsa bisa berkarya ya. Selamat hari olimpiade modern pertama (telat)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp telat daripada gak sama sekali :D

      Hapus
  3. Gue perhatiin tulisan lu tentang doodle Google mulu gini, Win. Kenapa deh? :/

    BalasHapus
  4. Aku kemarin sempet penasaran sama tampilan google yang menurutku unik gitu ._. ternyata faktanya ini toh, tentang olimpade pertama :D

    BalasHapus
  5. Hmm sepertinya saya ketinggalan nih, ahi hi hi.

    BalasHapus
  6. kadang dari google dodle ini kita jadi tahu hari bersejarah ya

    BalasHapus
  7. Baru tau kalo ini nyebutnya google doodle.. haha.. jd gambarnya ganti ganti itu berdasarkan hari bersejarah ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, berdasarkan hari-hari penting gitu :D

      Hapus
  8. Yang paling menarik biasanya filosofi maskotnya, terus jadi merchandise gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wih, enak dong dapat hadiah :D

      Hapus
  9. ini dulu setiap buka gugel logonya banyak macemnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, emang gitu, namanya juga Google Doodle :D

      Hapus
  10. wow, info yang bermanfaat win. btw, bentar lagi indonesia ada olympiade gak sih??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada bro, ada :D

      Bentar cek situs kemenpora dulu :p

      Hapus
  11. info ttg olimpiade emang selalu menarik dan selalu masuk soal ujian, hehehe

    BalasHapus
  12. blognya sudah saya folow ya :)

    BalasHapus
  13. google mah gitu, salut pokoknya..... kayaknya selain hari bersejarah, biasanya tokoh bersejarah pun dihormati ma google....

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang, namanya juga Google bro :)

      Hapus
  14. Nah bener itu mas kita gak boleh sepelekan siapaoun kini di era internet ini...

    BalasHapus