Recent Posts

Mendalami Sebuah Passion

11.05 1 Comment
Terakhir gue menulis di blog adalah 3 bulan yang lalu, waktu selama itu buat bayar parkir pasti gue tiap hari makan pakai mecin doang. Ngomong-ngomong tentang mecin, sekarang banyak kids jaman now gitu ya, anak-anak yang kebanyakan makan mecin.

Tapi gue gak lagi mau ngebahas tentang itu, gue mau membahas tentang bagaimana gue mendalami sebuah passion.

Gue adalah orang yang sering terlibat dalam kegiatan IT dalam kehidupan sehari-hari, mencari update berita IT, mencari perkembangan dunia Gadget sampai kadang disuruh teman untuk ngehack akun Facebook mantanya. Gak semua orang IT bisa melakukan hal itu teman.

Calm Down.

Akhir-akhir ini gue sering ngedit video, karena baru bisa ngedit video cut-cut doang, gue belum bisa dianggap sebagai video editor, itu profesi yang terlalu cepat untuk disematkan pada rangkuman riwayat hidup gue. Karena gue memilih untuk mengedit sebuah video yang gue ciptakan, gue pun sekarang sibuk dengan ngambil-ngambilin gambar di jalan menggunakan action camera yang dibeliin sama istri beberapa bulan yang lalu, itu pun mintannya udah dari lama. Kok malah curhat.

Lanjut.

Gue mencoba untuk terus mendalami passion ini, melakukan pemanisan pada sebuah video yang gue ambil dengan teknik nebak, teknik yang menurut gue itu keren, gue belajar banyak tentang bagaimana menentukan FPS yang baik untuk mendapatkan efek slow motion yang aduhai, belajar bagaimana merekam suara biar kuping kalian yang dengerin gue ngoceh bakalan lebih mirip afgan yang lagi konser, gue pelajari itu semua dengan menciptakan video yang manis.

Menciptakan sebuah video yang manis gak melulu menggunakan kamera yang mahal, itu menurut gue, karena saat ini gue bisa menciptakan itu dengan mengkombinasikan warna lucu yang enak dipandang mata, kalo kata orang namanya Color Grading.

via: brand2.com

Untuk dapat mendalami sebuah passion yang kalian temukan, butuh waktu dan usaha yang gak main-main agar dapat mencapai tujuan, kalo gue sendiri sekarang lebih sering bermain dengan warna, mewarnai video biar lebih hidup.

Gue ada beberapa langkah untuk dapat mencapai Passion yang sebenarnya, karena banyak orang yang bilang, untuk dapat menemukan passion yang tepat kamu harus mencoba segala hal yang kamu senangi, lalu kamu memilih dari semua hal yang kamu sukai menjadi kamu nikmati, merasa kurang kalo belum mengerjakan hal itu.

Dan gue sudah menemukannya.

Mencari, melakukan dan menikmatinya sampai kamu merasa itu sudah membosankan. Udah dulu ya tulisannya hari ini, karena gue lagi seneng-senengnya ngedit video, semoga gue tidak melupakan dari mana gue berasal


Kenapa Susah Mendapatkan Order Ojek Online?

13.33 Add Comment
Dua minggu jadi driver Ojol, gue belajar banyak dari Grup Ojol sejabodetabek, disana banyak banget masalah yang ada, ada yang belum mahir menggunakan aplikasi sampai ada yang mengeluh susah dapat orderan. Beberapa dari member ada yang berspekulasi kalo susah dapetin orderan karena tipe handphone yang nggak mendukung, gue bacanya kok malah ketawa ya. Secara umum, aplikasi ojol adalah aplikasi yang mirip dengan Pokemon Go, bedanya kalo ojol triggernya manusia sedangkan Pokemon Go triggernya komputer.

Bisa lihat bedanya kan?
Masalah kenapa susah mendapatkan order ojek online cuma 4, mari kita bahas satu-satu.



1. Sinyal

Ya, masalah pertama adalah sinyal, cobain semua provider kalo perlu, tapi saran gue sih kalo udah 4G, pakai provider apapun pasti bakalan lancar kok, gue sendiri pakai 4G Tsel. Bukan promo ya, tapi kalo ada marketing Tsel yang mau endores, gue menerima kok, email aja. Hehe

2. Aplikasi Pendukung

Maksud dari aplikasi pendukung adalah bukan menggunakan demit yang banyak digunain sama ojol lainnya, tapi kalian cukup download GPS LOCK, fungsinya buat mengunci posisi kalian agar akurat. Nggak usah pakai-pakai tuyul atau demit apapun itulah, karena yang namanya rejeki itu nggak kemana, percaya dengan hukum alam aja ya gaes.

3. Lokasi

Kalo kata Driver Ojol kalo nggak dapat orderan mah 'lagi anyep nih', lalu nyalahi pihak GI, handphone, Sinyal sampai mantan yang tiba-tiba datang dengan penuh harapan, padahal dia tahu kalo gue udah nikah, lahg ini kenapa jadi curhat. Orderan sepi karena lo butuh tempat, kalo lo nongkrong di kuburan mana ada yang mau pakai jasa ojol, coba cari tempat yang memungkinkan banyak pengguna ojolnya, kalian bisa baca disini.

4. Feelling

Yes, jadi Driver ojol gampang-gampang susah, kalian harus pakai Feelling yang tepat biar dapat orderan, percaya dengan feelling bakalan ramai orderan, tapi jangan lupa sambil berdoa dan bersedekah.

Nah, itu adalah 4 alasan kenapa kalian susah mendapatkan orderan saat ngebid, coba instrokpeksi diri lagi, inget-inget lagi deh buat ngebid dimana aja, cobain satu-satu dan rasakan perubahan, jangan cuma bisa mengeluh menyalahi keadaan, tapi manfaatkan keadaan sebaik mungkin dan jangan lupa bersyukur.

Nice.

Cara Mencari Titik Spot Untuk Ngebid Gojek dan Ojek Online Lainnya

09.40 2 Comments
Nyari kerja emang susah, tapi kalo gak dicari-cari bakalan lebih susah, hal itu yang ngebuat gue mencoba peruntungan di Ojek Online, sebenarnya gue masih kerja di salah satu perusahan swasta yang ada di Jakarta, tapi karena akan mengejar target lain gue ambil sampingan itu, selalu jadi Ojek Online gue juga lagi ngerjain beberapa project Design di situs Fiverr, iseng-iseng aja, soalnya lumayan kerja Freelance disana.

Fokus ke Ojek Online atau Ojol.

Semua pekerjaan pasti selalu ada hambatannya, kayak gue yang baru bergabung beberapa minggu di Ojol membuat gue banyak melakukan riset bagaimana menentukan spot terbanyak orang yang menggunakan jasa Ojol. Setelah gue meriset beberapa minggu ini, gue menemukan titik cerah, ya meskipun belum cerah-cerah juga sih, karena gue masih terus mendalami teori yang lagi gue riset ini. Ada 3 Titik yang udah gue sadari kalo disana banyak penggunakan Ojol.

1. Perumahan Padat Penduduk atau Perumahan Executive

Pertama gue meriset di beberapa perumahan yang menurut gue padat dan ramai penduduknya, gue melakukan bid disana waktunya pagi, jam berangkat kantor maupun sekolah antara jam 05.30-07.00. Karena range jam itu adalah jam yang produktif sekali, gue udah mencobanya dan berhasil.

2. Sekolahan Yang Menengah ke Executive

Kedua gue udah meriset di beberapa sekolah yang menurut gue adalah cocok untuk di tongkrongi, sebenarnya kalian cuma harus yakin kalo sekolah itu adalah pengguna Ojolnya, untuk waktu yang produktif ngebid di sekolah adalah siang menjelang sore, range waktu yang tepat biasanya 12.00-14.00, tergantung jam pulang sekolah itu, kalian bisa riset lebih dalam lagi untuk yang kedua.

3. Halte, Stasiun dan Mall

Ketiga gue biasanya akan sengaja nongkrong disekitaran Halte, Stasiun maupun Mall yang menurut gue memang ramai, karena biasanya di ketiga tempat tersebut banyak pengguna Ojol yang pulang kerja, karena capek mereka biasanya akan menggunakan jasa Ojol. Waktu produktif di area ini cukup panjang, biasanya antara jam 17.00-20.00, kalian bisa melakukan riset lebih dalam lagi pada area ini.

Nah itu adalah 3 titik sementara yang gue tahu untuk melakukan bid Ojol, sebenarnya kembali lagi kepada hukum alam, kalo semesta belum memberikan rejeki, ya harus sabar dan berusaha. Karena berusaha tanpa doa adalah hal yang sia-sia maupun sebaliknya.

Udah dulu ya gue mau riset lagi.
Kalo ada tambahan bisa ditulis di kolom komentar.

Nulis Dari Aplikasi Blogger Android

19.11 Add Comment
Akhir-akhir ini gue sering banget nulis di blog. Kayaknya beberapa kegiatan yang bikin gue sibuk udah mulai jarang deh. Tapi bukan cuma itu aja sih, gue lagi pengin nulis-nulis aja gitu, suka-suka gue aja tanpa harus ngikutin trends yang ada aja.

Karena beberapa hari yang lalu, gue coba cari postingan lama, membaca lagi tulisan yang pernah gue buat, dan ternyata jelek semua. Tapi disisi lain, gue pengin ngebalikin mood nuli yang gak ngebebani harus nulis apa hari ini, tapi hari ini udah nulis apa ya.


Tapi kayaknya gak mudah deh buat nulis-nulis gitu aja tanpa perhatiin SEO. Gue udah tahu kalo Blogger ada aplikasinya di Android, udah lama banget malahan, gue pun aplikasi itu nyaman di handphone gue, jadi ketika dapat ide yang harus gue tulis bisa langsung gue tulis.

Sebenarnya lewat notes di handphone bisa sih, tapi kalo ada aplikasi Blogger kenapa gak dimanfaatin kan, aplikasi blogger ini simple banget, gak banyak ikon buat ngerapihin tulisan, cuma ada ikon bold, italic sama buat nyisipin link aktif.

Tapi yaudalah ya, namanya juga aplikasi gratisan, sebenarnya bukan masalah aplikasinya, tapi gimana kita mau memanfaatkan aplikasi itu untuk jadi lebih memudahkan pekerjaan kita. Kalo boleh saran buat developer aplikasi blogger nih ya, coba deh aplikasi ini dibuat semirip yang di desktop biar dimanapun bisa ngeblog tanpa harus buka laptop atau Komputer. 

Dan mungkin akan ada tagline, sekarang ngeblog sudah ada di genggaman hanya dengan smartphone saja. Dan beberapa tahun ke depan para blogger-blogger yang tadinya jarang nulis bakalan sering nulis karena kemudahan dalam mengakses dashboard blog. 

Tapi yaudahlah ya, mungkin blogger masih belum tahu bagian mana yang harus di efektifkan, nah makanya nih ya min, baca blog ane ya min ya, mimin blogger, baca blog ane yaa. Karena gue udah capek nulis di handphone, dengan akhirnya yang udah-udah, jangan lupa baca tulisan gue yang lainnya ya.

Bagaimana Cara Bekerja Mendapatkan Uang Dari Internet

09.07 Add Comment
Ada banyak cara untuk mendapatkan uang, salah satunya dengan bekerja tapi bekerja aja belum cukup untuk mendapatkan uang, kamu harus memiliki usaha yang cukup keras untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan, cara yang cukup banyak dilakukan orang adalah dengan mengunduh pundi-pundi dollar dari internet, kalo orang awam yang bilang adalah mencari kerjaan di internet. Salah satunya adalah menjadi Publisher.

Gue sendiri sudah lama terjun dalam dunia blog, kalo gak salah mulai dari tahun 2009, saat dimana gue baru lulus dan bekerja di sebuah warnet kecil, belum ada pendapatan waktu itu, cuma banyak aja yang baca, lambat laun gue mulai mendapatkan sponsor, salah satunya yang paling gede selama gue menulis adalah dari postingan ini, beberapa tahun setelah gue menulis, gue membaca sebuah forum yang membahas tentang Google Adsense, lalu gue mendaftar dengan pengalaman seadaanya.

sumber: blog.unibh.br

Singkat cerita pada tahun 2015 akun Adsense gue diterima belum sepenuhnya, gue coba cek di blog ternyata udah muncul iklannya, sampai besoknya malah gak muncul lagi, gue sedih. Beberapa jam kemudian gue mendapatkan email dari team Adsense kalo aplikasi gue masih di review, gue menunggu hari demi hari hingga pada tahun 2016 akun adsense gue ditolak, gue sedih. Kayak udah sayang banget sama 1 orang, ngasih semua perhatian ke dia tapi dijawab kalo dia udah punya pasangan dan bakalan ngelupain gitu aja.

Malah tjurhat nyet.

Gue memutuskan untuk banting stir ke Youtube, gue mulai uplod video-video gaming, karena hal itu yang bisa gue lakukan sampai akhirnya gue menyambungkan akun adsense gue dengan youtube, ternyata berhasil, penghasilan gue bisa mencapai $40, gue bahagia hingga beberapa bulan kemudian Adsense mengubah kebijakannya kalo akun yang disambungkan ke youtube bakalan di verifikasi juga, sampai akhirnya akun gue di take down untuk dilakukan verifikasi.

Sempat beberapa kali gue mengulang pendaftaraan akun adsense, dan gagal. Selalu gagal, sampai gue ngerasa, kayanya gue gak bisa mendapatkan uang dari internet, berbulan bulan gue lupain adsense, gue fokus nulis di blog, tapi Adsense udah melekat dalam otak gue, gue pun memutuskan lagi untuk mendaftar ulang aplikasi yang sering ditolak itu.

Dan gagal lagi.

Lalu gue masuk pada 1 grup Google+ yang khusus membahas tentang publisher, gue baca semua trik yang disana, gue aplikasikan semua cara yang disana sampai gue paham bagaimana mengerti Google Adsense, dan gagal lagi.

Gue ngerasa adalah orang yang paling gagal dalam bidang ini, tapi gue gak patah semangat, gue vakum selama setahun, di tahun 2017 gue mulai lagi buat mendaftar akun Google Adsense, sampai beberapa kali dan semalam gue mendapatkan email yang menyatakan akun gue diterima sepenuhnya. Gue bahagia banget, rasanya kayak udah LDR selama 10 tahun lalu ketemu dan menikah, bawannya tuh pengin diliatin meluluk. Nah iklan yang ada di halaman blog gue adalah hasil kerja keras gue selama ini, semoga gue bisa lebih sering nulis di blog dan berbagi pengalaman ya teman teman.

Lalu bagaimana cara bekerja mendapatkan uang dari internet? Kamu hanya perlu berusaha dan mencari peluang yang ada. sesimple itu aja sih.

Hal-Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Bulan Ramadhan

11.43 7 Comments
Yoo whatsup guys.

Gak terasa ya udah bulan Ramadhan aja, jadi hari ini yang gak puasa coba angkat kakinya. Semoga kalian yang baca tulisan ini masih kuat puasa sampai akhir bulan ya. Gue udah lama gak nulis blog, terakhir nulis kayaknya sebulan yang lalu, waktu lagi traveling pendek ke Bogor.

Alasan klasik baru bias nulis lagi adalah Sibuk.

Yes, gue masih terlalu sibuk untuk sekedar menulis blog, padahal nih ya, gue sibuknya Cuma gitu-gitu aja, makan-tidur-kerja-makan-tidur-kerja-pacaran-ngurusin pernikahan, hehe. Eh tapi gue beneran sibuk kok, selain sibuk kerja, gue sibuk ngurusin acara pernikahan yang insyallah abis lebaran ini, minta doanya ya teman-teman.

Lanjut.

Gue hari ini mau nulis tentang hal-hal apa aja yang gak dibolehin waktu bulan Ramadhan, cekidot.

1. Tidur Melulu


Bulan Ramdhan itu adalah bulan suci, jadi kalo hari-hari kalian dihabiskan untuk tidur aja, kayaknya gak maksimal deh, cobain hal-hal yang belom pernah kalian lakukan, misalnya membaca ayat suci gitu. Emang ada yang bilang kalo tidur itu adalah ibadah, tapi ibadah yang sesungguhnya adalah dengan dapat mengatur waktu tidur dan memaksimalkan untuk mendalami ayat suci.

2. Berenang


Ada yang bilang kalo bulan Ramadhan adalah bulan berenang setiap hari, karena alasan panas dan menahan lapar. Berenang memang boleh tapi dengan sewajarnya, jangan tiap ketemu air bawaannya langsung pengin nyebur gitu aja, jangan ya. Lagian tahun ini kan puasanya gak begitu panas, buktinya beberapa hari belakangan ini cuaca sungguh sangat sendu, nyaman dan enak buat males-malesan di rumah, hehe

3. Pencitraan


Sebenarnya sebuah pencitraan itu tidak boleh dilakukan, apalagi untuk dapat dilihat oleh atasan agar dianggap ada, padahal pencitraan bisa dilakukan dengan cara lain, yaitu dengan sebuah karya. Ya, karya.

Kalo kalian ada masukan lain tentang hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat bulan ramadhan, bisa tulis di kolom komentar. Selamat menunaikan ibadah puasa teman-teman.

Traveling Pendek Bogor-Cianjur ke Taman Bunga Nusantara

15.17 10 Comments
Dua minggu yang lalu, gue bersama pacar dan teman mulai menyatukan hobi jalan-jalan, sebenarnya kemarin niatanya pengin jalan sama pacar aja ke puncak, secara kan di puncak dingin dan cocok buat ngobrolin masa depan sambil minum wedang jahe hangat.

Ah, Indah sekali ya.

Tapi karena gue gak mau dibilang cowok mesum, akhirnya gue mengajak teman dan istrinya, soalnya mereka baru sebulan menikah, ternyata Dia suka sekali jalan-jalan, sebut aja Ali, dia adalah teman seperjuangan waktu di SMK, dulu pas masih sekolah anaknya jarang mau diajak jalan-jalan, sekarang malah dia yang ngajakin jalan-jalan terus.

Karena buat izin cuti itu lumayan susah, kadang gue menolaknya dengan halus. Dan kabar baiknya, antara bulan September-Agustus gue akan melakukan Traveling ke Pulau Dewata lagi, rencana ini gue udah buat sama pacar sebenarnya setelah resmi menikah nanti, eh iya.

Bulan 7 nanti kalo tidak ada halangan, gue akan melangsungkan pernikahan dengan pacar, biar kalo jalan-jalan udah gak mikir pesan 2 kamar lagi, karena udah halal tinggal kelon aja, hehe

Balik lagi ke topik.

Gue kemarin cuma jalan 2 hari 1 malam, jalan di minggu sore dan kembali lagi di senin sore, awalnya cuma pengin reunian di puncak bareng teman-teman sekolah sambil BBQ, tapi karena gue udah niat banget ngisi blog ini tentang kisah perjalanan, gue pun memutuskan pergi ke Taman Bunga Nusantara.

Sampai di Cianjur sekitar jam 10 malam, karena emang waktu itu bertepatan dengan libur panjang jadinya ya macet deh, sampai di Villa Tulip, kami langsung menyiapkan agenda pertama, yaitu BBQ ala kadarnya, sebenarnya yang bisa diambil dari kegiatan BBQ adalah proses membuatnya, dan canda tawa yang mengiringinya, dimakan mah paling cuma sedikit.

Karena yang paling melekat dalam sebuah pertemuan adalah, saat mereka bisa saling melempar tawa kepada hal-hal kecil.

Paginya gue bangun lebih pagi bukan karena rajin, tapi di puncak dingin abisss, enaknya di puncak kalian gak perlu beli AC ataupun kulkas frezzer, air yang tadinya panas aja ditinggal beberapa jam udah jadi air dingin, gue curiga kalo air di gelas didiemin semalaman bisa jadi es batu.

Gue bangun lebih pagi karena kedinginan, padahal udah pakai kaos kaki unyu mirip-mirip Gong Yoo di serial Goblin itu loh, tapi pas ngaca di kamar mandi gue lebih mirip Goblin di game COC. Hijau, gak deng. Karena bingung mau ngapa-ngapain lagi, gue menyibukan diri dengan lari-larian kecil di halaman Villa sambil menikmati liburan, kapan lagi kan menikmati udara pagi dengan alami.

Karena yang lain masih pada bobo lucu, gue memutuskan panasin mobil padahal masih jam 7 pagi, padahal rencana cek out Villa jam 10 pagi, gue rajin abisss, entah rajin atau malah mirip supir sih waktu itu. Karena suara mobil yang lumayan berisik, yang lain pada bangun dengan iler masih kemana-mana, sambil bilang.

'Mobilnya dilap yang bersih ya pak.'
'Baik pak.' balas gue sambil ngelempar kunci roda.

Setelah beresin semua barang bawaan dan udah pada siap jalan-jalan, kami cek out dengan akhiran foto di depan Villa, biar kayak ala-ala liburan jaaaauuuh gitu deh. Butuh waktu setengah jam buat sampai ke Taman Bunga Nusantara.


Ini pertama kalinya gue masuk ke Wisata Taman Bunga Nusantara, karena sebelumnya cuma bisa liat dari Google Images aja, ternyata gambar yang di Google Image sama persis dengan yang di lokasi. Kadang saat kalian pergi ke suatu tempat karena dorongan gambar bagus di Internet, bisa jadi hanya 80% mirip, dan sisanya karena editing foto.


Taman Bunga Nusantara emang bagus, kalian gak bakal nyesel deh buat liburan kesini, kalo mau berkunjung kesini, misal berangkat dari Jakarta, mending pagi dan kalo bisa sampai di lokasi sebelum jam 10, karena kalo udah siang tuh panas, dan kadang malah hujan, jadi sayang banget kan gak bisa menikmati semua jenis bunga yang ada.


Di Taman Bunga Nusantara banyak banget spot buat foto prewedding, saran kalo mau bikin foto prewedding yang gak bayar, mending pakai kostum yang tidak mencolok namun tetap senada dengan pasangan, karena kalo kalian mau pakai kostum dress yang buntutnya sampai 20 meter ya harus bayar biaya prewedding.




Lumayan juga kan harga buat prewedding, tapi kalo biaya itu bukan jadi masalah, ya silakan monggo dicoba, karena setiap orang kan memiliki sudut pandang yang berbeda.


Gue belum sempat mengelilingi semua jenis bunga yang ada disini, karena baru jam 1 siang udah ujan, dan lucunya setelah hujan reda tapi masih mendung, gue turun dari Cianjur menuju Jakarta, di daerah Gunung Mas kering, bener-bener kering.

Hujannya pilih-pilih masak. Hehe

Kalo kalian mau coba berkunjung silakan, jangan lupa bawa banyak memory buat stok foto, karena sayang banget kalo cuma foto-foto sedikit, untuk jadwal buka-tutup jalur puncak biasanya pagi di mulai jam 7-11 siang untuk naik ke puncak dan untuk turun dimulai dari jam 1-6 sore, kalo bawa motor gak kena jalur buka-tutup, jadi bisa-bisa kalian aja atur waktu perjalanan.



Traveling

13.57 2 Comments
Tulisan ini terinspirasi dari Film The Nekad Traveler, sebenarnya gak dari film itu aja sih, ada blog gembel backpakernya Adis, blog nya Benakribo dan yang paling ngehits akhir-akhir ini adalah Channel Youtubenya Arief Aka Poconggg, kemarin di hari libur yang cerah dan bahagia, burung-burung pagi berkicau dengan merdu, matahari muncul dengan lucu dan gue sudah nongkrong di balkon dengan ganteng. Gak nyambung, gpp.


Via: simiww.com

Gue jadi pengin seriusin dunia Pertravelingan, karena sejujurnya gue sudah bosan dengan kerja yang diatur oleh jadwal, gue pengin suatu saat nanti bekerja adalah gue yang mengatur jadwal. Apa yang gue punya untuk melakukan itu? Blog dan kamera handphone jadi andalan untuk memulai perjalanan yang berkesan, karena dari pepatah netizen yang gue baca.

'Berkaryalah dengan modal seminim mungkin, jangan menunggu dan pada akhirnya hanya menunggu untuk memiliki barang yang diinginkan.' Netizen Indonesia

Gue lupa kapan baca tulisan itu, tapi ada benarnya, kalo gak jalan ya tetap disitu-situ aja dan gak kemana-kemana, Seharusnya gue sudah memulai hal ini dari dulu, sewaktu masih jomlo, karena berpergian sendirian adalah hal yang sangat menarik, tapi sayang gue belum ada keberanian untuk itu, dan di sela-sela nulis tulisan ini, pacar bilang sama gue, 'Kalo kamu mau seriusin, Go Ahead, aku support kamu.'

Bahagia itu sederhana.

Dan mari kita tunggu apakah gue bisa mewujudkan hal itu dan konsisten dengan tulisan Traveling. Kalo kalian ada saran tempat yang cihuy untuk dikunjungi, bisa tulis di kolom komentar ya, siapa tahu gue ada dana lebih dan waktu tepat untuk melakukan perjalanan ke tempat itu.