Ngomongin Kemerdekaan

09.09

Kali ini gue mau ngomongin tentang hari kemerdekaan yang setiap tahunnya jatuh pada tanggal 17 Agustus. Katanya kemerdekaan itu membebaskan terpenjaranya dari segala hal yang menghambat produktifitas. Tapi nyatanya masih banyak yang terpenjara oleh atasan sendiri, terpenjara oleh pacar, bahkan terpenjarakan oleh gebetan yang sebenarnya belum tentu bisa jadian.

Jadi sebenarnya apakah kita udah benar merdeka?



Padahal esensi merdeka adalah mau mengikuti aturan tanpa harus canggung, bebas berekspresi tetap pada jalur positif kan. Mungkin masih banyak yang belum merdeka, fakir miskin, anak-anak terlantar, fakir asmara bahkan jomblo-jomblo ngenes sekalipun, mereka sesungguhnya belum merdeka dari perjuangannya.

Perjuangan menyetarakan taraf hidup, perjuangan hidup layak dan perjuangan mengejar gebetan yang entah berapa banyak gombalan yang udah diucapkan, tapi sampai detik ini pun masih belum merdeka. Mungkin mereka dapat merdeka dengan tepat waktu jika sebenarnya merdeka gak melulu mengejar orang yang sama, orang yang itu-itu aja, orang yang udah mengucap selamat tinggal, dan orang-orang yang merendahkan harga diri kamu, gaes.

Merdeka itu berani berkembang dan keluar dari zona nyaman.

Jadi apakah kamu udah merdeka saat ini? Saat dimana sedang membaca tulisan ini sambil mengarang gombalan untuk orang yang udah bekali-kali mengucap kata ‘tidak’ di hadapan kamu bahkan di hadapan banyak orang, butuh berapa banyak malu lagi yang kamu buang gitu aja ?

Merdeka itu berani memutuskan bukan diputuskan.

Esensi apa yang sekarang kamu dapat dari ribuan perjuangan kamu? Bahkan peserta lomba 17 agustusan kemarin sebagian besar gak tahu apa yang mereka lakukan, yang ada dalam pikirannya hanya mendapatkan hadiah, padahal harusnya direnungkan jika perjuangan itu gak segampang membalikkan telapak kaki gajah, iya emang berat gaes.

Jadi kesimpulannya adalah kamu tahu kan merdeka itu harusnya gimana?


Nah, bagi yang belum tahu, bisa kok tulis-tulis di kolom komentar, biar bisa kita diskusiin bareng-bareng gitu, gaes. hehe

Share this

Blogerwin.com adalah website personal calon penulis yang sekarang sedang sibuk menyiapkan konten untuk Youtubenya.

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »

Silakan berkomentar sesuai artikel, kasih saran dan kritik yang membangun, karena tanpa kalian blog ini bukan apa-apa. EmoticonEmoticon