5 Hal Ngeselin Saat Berada Di Dunia Kerja

10.12

Buat kalian yang sekarang sudah lulus dari sekolah maupun kuliah dan sudah siap untuk terjun ke dunia kerja, sebaiknya jangan senang dulu karena bakalan dapat uang dari hasil kerja keras, kalian yang masih baru masuk ke dalam dunia kerja akan merasakan apa itu sesungguhnya dunia kerja yang sebenarnya bahkan lebih seperti ajang membunuh lawan dengan pelan. 


Kemarin seorang teman pernah bercerita disela-sela kami sedang main karambol bareng di halaman rumah gue, dia bercerita kalo di kantornya yang sekarang lebih banyak orang yang selalu mencari muka dengan dusta dari pada menonjolkan prestasi untuk di apresiasi. 

Gue sebagai teman dan partner kerja akan dengan senang hati memberikan wejangan-wejangan yang membangun dan membantu. 

Seorang teman bilang, 

‘Sebenarnya, kita sebagai orang Informasi teknologi Support itu jobdesknya apa sih bro?’ tanyanya dengan polos. 


‘Hmm.’ Gue bergumam lalu melanjutkan, ‘Kita sebagai orang IT ya?’ 

Dia mengangguk pelan. 

‘Jadi Seorang IT support memang dituntut serba bisa, bisa perbaiki komputer, bisa hack password, bisa edit html, bisa bersihin virus, bisa pasang stop kontak listrik, bisa benarin keyboard rusak, bisa setting email, bisa benarin Fan komputer yang bunyi, bisa setting modem, bisa komplain kalo salah beli belanja online, bisa cari alternative harga yang murah, bisa bandingin harga spare part komputer, bisa setting finger scan, bisa install absen, bisa rakit komputer, mesti bisa benarin laptop dan pc rusak, bisa bikin website, bisa pasang jaringan wifi, bisa setting PABX, bisa pasang GenSet, bisa pasang AC, bisa jamin tegangan listrik tidak naik turun, bisa setting browser, bisa setting scanner, bisa setting printer, bisa setting router dan switch, mesti bisa jamin jarigan komunikasi antar cabang slalu oke, bisa setting internet pake modem sama pake jaringan kantor, bisa pasang drone, bisa setting smart tv, bisa pasang MCB listrik, bisa edit video, paham game online, bisa edit gambar, bisa harus lebih pintar dari user soal IT, bisa set audio system, bisa instal program, bisa cari komponen komputer yang murah, bisa balikin data yang sudah hilang dihapus, bisa tahan ngantuk untuk memperbaiki system yang eror, bisa jadi tempat pelampiasan amarah user, bisa jadi pesuruh, harus bisa hafal semua rumus excel, bisa tidur tanpa merem, bisa hack facebook, bisa baca pikiran user yang sedang terkena masalah, bisa tahu apa mau user, dan intinya harus bilang bisa dan harus coba dulu sebelum bilang tidak.’ Kata gue dengan mengebu-gebu. 

Dia bengong. 

Lalu gue melanjutkan, ‘Semua yang gue bilang diatas adalah dari kacamata user.’ 

Lalu dia menewarang ke arah luar, melihat ramainya orang berlalu-lalang, semrawut seolah seperti hidupnya yang berantakan. 

Gue menepuk pundaknya, ‘Malah bengong, udahlah, go with the flow aja.’ Balas gue dengan senyum tersungging. 

Kalo dipikir-pikir banyak juga hal yang tidak seharusnya dilakukan oleh orang IT, tapi tetap dilakukan hanya demi tidak dikucilkan oleh pergaulan, sedih. 

Sesaat kemudian seorang teman minta pamit pulang, gue jadi kepikiran buat naikin tema ini ke tulisan blog, nah, sekarang kalian yang sudah mulai masuk ke dunia kerja kalian bisa simak tulisan ini agar kalian dapat mawas diri.

Ada banyak hal ngeselin yang akan kalian alami saat ada di dunia kerja. 


1. Melakukan hal yang sama 


Melakukan hal yang sama berulang-ulang memang pernah kalian lakukan saat sekolah, bangun, sarapan, sekolah, main, pulang, bangun, sarapan, sekolah, main dan pulang.

Gitu-gitu terus sampai lulus. Kalo di dunia kerja beda, kalian akan mengalami hal yang sama secara berulang-ulang sampai pada suatu titik kalian merasa bosan, solusinya adalah jangan pernah terlena dengan zona nyaman. 

2. Dibandingkan Pekerjaan dengan Orang Lain 


Hal yang paling ngeselin saat berada di dunia kerja adalah, ketika kalian memiliki pekerjaan yang selalu di banding-bandingkan dengan orang lain, ‘yah dia kan kerjanya cuma diem aja, yah dia kan kerjanya cuma nontonin video aja, yah dia kan kerjanya cuma bengong aja.’ Dan banyak sekali yah, yah yang muncul.

Saat berada pada kondisi seperti ini, saran gue adalah, fokus dengan orang yang support kalian, dan abaikan saja orang seperti itu, karena percuma membuang energi kalian untuk orang-orang yang tidak penting seperti itu. 

3. Banyak Cari Muka untuk dilihat ada 


Setiap kalian berada pada dunia industri, orang yang kerjaanya mencari muka itu pasti ada, bukan karena mereka tidak punya muka, tapi lebih tidak punya malu untuk tetap terlihat ada.

Biasanya orang-orang seperti ini akan terlihat manis di depan, dan terlihat sadis dibelakang, pernah seorang teman bercerita kalo dia hampir di PHK, gara-gara ada partner kerjanya curang yang mengakibatkan kerugian perusahan, tujuannya adalah untuk terlihat ada dengan cara cari muka penuh dusta.

Jangan pernah mencari muka untuk terlihat ada, tapi tunjukan prestasi agar bisa diapresiasi.

4. Bosan 


Pada akhirnya kalian akan merasa bosan, jalan keluarnya adalah keluar dari zona nyaman dan survive terus. 

5. Sulit mendapatkan partner kerja yang sesungguhnya 


Saat berada di dunia kerja, kalian harus menanamkan midset bahwa, semua orang di sekitar kalian adalah orang jahat, karena percayalah bahwa tidak ada yang benar-benar orang baik, kadang mereka hanya melihatkan yang baik untuk mendapatkan keuntungan, beberapa kali gue sempat ketemu dengan orang model seperti ini, selalu asik saat masih selevel dan akan berubah saat naik level, seperti level jabatan adalah sebuah pencapaian yang besar baginya. 

Percayalah, pencapaian terbesar yang sebenarnya adalah bukan saat kalian mendapatkan jabatan yang tinggi tapi bekal apa yang sudah dikumpulkan sebelum mati. 

Nah, itu adalah 5 hal yang ngeselin saat berada di dunia kerja, kalo kalian ada pengalaman yang sama bisa tulis di kolom komentar, biar yang lain bisa saling sharing dan mendapatkan solusi yang baik, karena untuk sama-sama belajar adalah sharing ilmu, jangan pernah sombong dengan apa yang kalian miliki, karena semua itu hanyalah titipan. 

Anjay, kenapa gue jadi bijak gini ya, oke lah. Karena udah waktunya istrihat, gue akhiri tulisan ini. 

Happy weekend guys. 

Fufu.

Refrensi: http://www.norisanto.com/it-support/tugas-dan-tanggung-jawab-it-support

Share this

Blogerwin.com adalah website personal calon penulis yang sekarang sedang sibuk menyiapkan konten untuk Youtubenya.

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
7/14/2018 delete

Yang paling bikin males itu ketika dibanding-bandingin sama kerjaan lain. Setiap orang tentu punya keahlian dan tugasnya masing-masing. Kesel kalau dibilang, "Kamu, kan, cowok tapi kok nggak ngerti soal motor?" Ya gimana, saya di bidang otomotif emang cemen. Lagian, kalau semua cowok paham bidang itu, terus buat apa ada bengkel?

Kalau urusan cari muka, dari zaman sekolah dan kuliah juga udah ada.

Reply
avatar

Silakan berkomentar sesuai artikel, berikan saran dan kritik yang membangun, karena tanpa kalian blog ini bukan apa-apa. EmoticonEmoticon