3 Cara Menghemat Energi Rumah

19.34

Beberapa hari yang lalu gue lagi asik ngetik script buat video Youtube yang tayang setiap hari sabtu/minggu, tiba-tiba listrik rumah mati, tanpa basa-basi komputer gue langsung mati. Yaiyalah.

Gue langsung shock, soalnya udah ngetik banyak belum gue save, biasanya setiap kali gue ngetik, dengan cepat gue langsung klik ctrl+s tapi hari itu gue benar-benar lupa. Karena listrik rumah matinya lama, gue move dengan Macbook, ngerjain di junkfood dekat rumah sambil ngopi lucu.

Kemudian gue teringat tentang energi yang ada di Indonesia, batu bara udah mulai menipis stocknya, hal ini terjadi karena banyak pemakaian listrik yang sangat boros sekali.

Karena gue orangnya peduli dengan masa depan, berikut cara menghemat energi biar kalian yang baca tulisan ini bisa menjadikan Energi dengan bijak.

1. Matikan Listrik Setelah digunakan


Hal mendasar yang harus lo lakukan untuk menghemat energi adalah, selalu matikan listrik kalo udah gak digunain, misalnya abis nonton tv ya kalo udah kelar langsung dimatiin atau kalo perlu pasang timer biar mati sendiri, jadi jomlo jangan akut-akut amat, mentang-mentang jomlo, tv dibiarin hidup sampe pagi lagi.

2. Gunakan Lampu Hemat Energi


Sekarang di pasaran udah banyak banget lampu hemat energi, ganti semua lampu rumah dengan yang hemat energi dan jangan menyalakan semua lampu rumah seharian, cukup beberapa saja agar daya tahan lampu bisa tetap terjaga dan tagihan listrik tidak membengkak.

3. Gunakan Panel Surya


Panel surya bisa menjadi alternatif bagi umat manusia yang selama ini bergantung kepada energi fosil. Sebagaimana kita tahu, energi fosil merupakan energi yang akan habis suatu saat nanti.

Untuk membuat energi fosil ini diperlukan waktu jutaan tahun untuk membentuk senyawa dari fosil-fosil jasad renik.

Energi matahari menjadi salah satu alternatif yang cukup menjanjikan karena energi dari matahari dapat bertahan selama matahari tetap bersinar.



Kelebihan Panel Surya

Panel surya merupakan energi alternatif terbaharukan paling mudah untuk diaplikasikan di Indonesia. Berikut adalah beberapa kelebihan apabila kita menggunakan panel surya untuk kebutuhan listrik kita.

1. Panel surya sangat ramah lingkungan, karena panel surya tidak akan mengeluarkan polusi yang dapat membahayakan lingkungan kita seperti pada kasus bahan bakar fosil.

Bahan bakar fosil ketika digunakan akan menghasilkan polusi sisa pembakaran yang akan membahayakan ozon dan berakibat pada pemanasan global.

2. Panel surya menggunakan sumber energi matahari sebagai sumber utamanya, sebagaimana kita tahu matahari merupakan energi terbesar di dunia dan akan memancar dalam waktu yang relatif lama.

3. Perawatan panel surya relatif mudah karena pane surya tidak memiliki bagian yang berputar maka bisa dibilang panel surya akan memiliki masa hidup yang lama.

4. Tidak perlu takut kehabisan bahan bakar fosil, sebagaimana diketahui bahan bakar fosil akan memerlukan waktu yang sangat lama untuk regenerasi.

Icasolar merupakan tempat dimana kalian akan bisa mendapatkan panel surya yang berkualitas dengan harga yang bersaing.

Di sini kalian akan diberikan beberapa pilihan jenis panel surya yaitu panel surya sistem on grid, sistem off grid dan hybrid.

Apabila kalian kurang paham apa itu sistem on grid, sistem off grid dan hybrid kalian bisa mencari tahu perbedaan nya disini.

Atau kalian bisa meluncur ke www.icasolar.com untuk mendapatkan panel surya revolusioner idaman. Nah itu adalah 3 Cara menghemat Energi, kalo kalian ada tambahan bisa tulis di kolom komentar ya.

Share this

Blogerwin.com adalah website personal calon penulis yang sekarang sedang sibuk menyiapkan konten untuk Youtubenya.

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
12/20/2016 delete

Mantab, memang sudah seharusnya kita menghemat energi. Selain dengan panel Surya, Indonesia kaya laut. Bisa juga untuk energi alternatif angin dan lautnya. Panel surya sepertinya sudah umum dan bisa dicoba segala kalangan.

Reply
avatar
12/21/2016 delete

tapi banyak yang belum tahu tentang panel surya mbak, padahal lebih menghemat hanya memanfaatkan matahari saja.

Reply
avatar
12/21/2016 delete

Baru tahu ttg panel surya ini dan baca ini sambil ber-OOOO hahaha nice info

Reply
avatar
12/23/2016 delete

OOOOO juga mbak, panel surya bisa bikin hemat energi :D

Reply
avatar

Silakan berkomentar sesuai artikel, berikan saran dan kritik yang membangun, karena tanpa kalian blog ini bukan apa-apa. EmoticonEmoticon