8 Maret 2016 adalah Hari Perempuan International #OneDayIWill

09.00
Kamu tahu ini hari apa?

Rabu?

Bukan, sekarang adalah hari Perempuan Internasional, jadi seluruh perempuan di dunia merayakan keberhasilan kaum perempuan di bidang ekonomi, politik dan sosial. Kenapa gue bisa tahu? karena gue udah baca di wikipedia.

Gue cerdas?

Sudahlah, cerdas hanya terori yang mewakilkan kepintaraan untuk orang yang memiliki pengetahuan lebih, hehe


Gagasan tentang perayaan ini pertama kali dikemukakan pada saat memasuki abad ke-20 di tengah-tengah gelombangindustrialisasi dan ekspansi ekonomi yang menyebabkan timbulnya protes-protes mengenai kondisi kerja. Kaum perempuan dari pabrik pakaian dan tekstil mengadakan protes pada 8 Maret 1857 di New York City.

Para buruh garmen memprotes apa yang mereka rasakan sebagai kondisi kerja yang sangat buruk dan tingkat gaji yang rendah. Para pengunjuk rasa diserang dan dibubarkan oleh polisi. Kaum perempuan ini membentuk serikat buruh mereka pada bulan yang sama dua tahun kemudian.

Di Barat, Hari Perempuan Internasional dirayakan pada tahun sekitar tahun 1910-an dan 1920-an, tetapi kemudian menghilang. Perayaan ini dihidupkan kembali dengan bangkitnya feminisme pada tahun 1960-an. Pada tahun 1975, PBB mulai mensponsori Hari Perempuan Internasional.

Penjelasan diatas dikutip dari Wikipedia.

Situs pencari Google turut mengingatkan Hari Perempuan Internasional lewat doodle spesial. Bahkan Google membuat animasi khusus untuk memperingati hari yang dikenal dengan International Women’s Day itu. Ucapan dan gambar bertema Hari Perempuan Internasional juga meluas di situs jejaring sosial.

Beberapa pengguna Facebook (FB) dan Twitter berbagi ungkapan ucapan Hari Perempuan Internasional. Meme bertema Hari Perempuan Internasional turut menjadi bumbu di foto profil BlackBerry Messenger (BBM) hari ini. “Hari Perempuan Internasional, perempuan Indonesia lebih tegar,”kata Risnawati lewat status BBM.


Share this

Blogerwin.com adalah website personal calon penulis yang sekarang sedang sibuk menyiapkan konten untuk Youtubenya.

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
3/08/2016 delete

Happy women internasional daaaay ! Haha meskipun kamu cowo tp kamu posting tentang ini aku salut, tadi aku mau posting tentang ini eh. Tapi kerja dulu lah

Reply
avatar
3/08/2016 delete

Duh jadi enak deh :D
Iya, kerja dulu biar bisa cepat ke kumpul uangnya buat nikah, lah jadi curhat :|

Reply
avatar
3/14/2016 delete

Sempet aja nulis ginian, Win. Ahaha. Meskipun banyak lihat Wiki-nya. :p

Reply
avatar
3/15/2016 delete

soalnya gue mencintai perempuan :D

Reply
avatar

Silakan berkomentar sesuai artikel, berikan saran dan kritik yang membangun, karena tanpa kalian blog ini bukan apa-apa. EmoticonEmoticon