Banjir Bangka Kurangnya Peran Warga Untuk Tidak Buang Sampah Sembarangan?

10.00

Minggu ini setiap menjelang sore, hujan selalu turun, bagi yang punya pasangan hidup sih enak-enak aja, sedangkan bagi yang jomlo rasanya pengin pergi ke tengah-tengah hujan sambil nangis Bombay dan berteriak, ‘KENAPA, KENAPA SELALU TERJADI DENGAN AKU!!’

Kemudian kesamber petir.
Tapi gue gak mau ngomongin jomlo dulu, kasian udah terlalu teraninya oleh media sosial.

Banjir, iya, Air yang berlebihan itu dinamakan banjir, penjelasaan yang sederhana sekali bukan. Tadi pagi baca berita di media online, Banjir Bandang Bangka, pas gue baca beneran, jembatannya putus, sebegitu dahsyatnya terjangan banjir bisa bikin tuh jembatan putus, jangan-jangan yang bikin kebanyakan orang putus cinta karena adanya banjir bandang?

via: merdeka.com

Oke, gue ngarang.
Lanjut.

Karena akhir-akhir ini intensitas hujan semakin tinggi, maka dari itu untuk menghindari terjadinya banjir di daerah-daerah lain, gue akan kasih tips agar lingkungan kamu terhindar dari banjir, karena ciri-ciri banjir adalah curah hujan yang tinggi tidak sebanding dengan lintasan air yang ada, hal ini bisa dikarenakan sampah yang menyumbat, drainase yang tidak layak dan lokasi serapan yang sangat minim. Kalo semua hal itu bermasalah bukan gak mungkin bakalan banjir setiap turun hujan.

Maka dari itu coba ikutin tips dari gue, bekicot.

1. Lintasan Air Harus Sudah Diperhitungkan

Buatlah lintasan air yang sesuai dengan debit air agar gak terjadi lagi kelebihan air yang menyebabkan banjir dan jangan lupa rutin membersihan lintasan air agar terhindar dari sampah yang menyumbat dengan kerja bakti.

2. Jangan Buang Sampah Sembarangan

Budayakan buang sampah pada tempatnya, jangan malas jadi orang tuh, kalo kamu buang sampah sembarangan, jangan ngeluh kalo nanti bakalan banjir. Mulai dari diri sendiri dulu aja deh.

3. Perbaiki Semua Drainase

Perbanyak Drainase agar air dapat mengalir dengan lancar, kalo ada drainase yang tersumbat segera bersihkan agar air dapat mengalir dengan baik.

4. Perbanyakan Lahan Serapan Air

Kasih ruang untuk air agar teresap ke tanah, tanam pohon agar daya serap semakin tinggi, agar terhindar dari banjir.

5. Lakukan Semua Hal Diatas Dengan Rutin

Jaga dan lakukan hal yang ada diatas secara berkala, kalo bukan kalian yang menjaga siapa lagi? Wong itu lingkungan hidup kalian kok, maka dari itu banjir tuh bukan salah pemerintah apalagi presiden, yang salah ya kamu kenapa masih buang sampah sembarangan. Gak semua hal tuh harus nyalahin pemerintah, tahu dirilah sebagai warga Negara yang baik. Kalo koruptor tuh baru salah..

Udah dulu ya, gue lagi gak enak badan, butuh istirahat.

Share this

Blogerwin.com adalah website personal calon penulis yang sekarang sedang sibuk menyiapkan konten untuk Youtubenya.

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »

8 comments

Write comments
2/09/2016 delete

wahh semoga bapak ahok baca ini. oya inikan banjir bangka yak.

Reply
avatar
2/09/2016 delete

iya kak terkadang dari kitanya tidak memperhitungkan lingkungan, padahal sarana prasarana udah diperhitungkan bisa melewatkan airnya, dan harusnya kalau sesuai banjir ga jadi karena udah diperhitungin

Reply
avatar
2/09/2016 delete

Iya bray, semoga masalah banjir bisa reda ya.

Reply
avatar
2/09/2016 delete

betul sekali, makanya jangan buang sampah sembarangan ya.

Reply
avatar
2/14/2016 delete

Setuju banget sama poin-poinnya. Aku paling benci sama orang yang buang sampah sembarangan.

Reply
avatar
Anonim
2/14/2016 delete

musim hujan, musim banjir, yang penting jangan buang sampah sembarangan.

Reply
avatar

Silakan berkomentar sesuai artikel, berikan saran dan kritik yang membangun, karena tanpa kalian blog ini bukan apa-apa. EmoticonEmoticon