Eksotis Pulau Komodo, Kepingan Surga Kecil di Indonesia Timur

09.00

Hari ini kita main ke pulau Komodo, disana ada Komodo. Yaiyalah, Indonesia Timur adalah kepingan surga kecil yang sampai kapanpun akan jadiu tempat terasik dan terepic buat para traveler sejati macam gue.

FYI,

Pulau Komodo berada di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo bersama Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Motang dan banyak pulau-pulau kecil lainnya.

Secara administratif, pulau ini berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, dan berbatasan langsung dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat. 



Taman Nasional Komodo 


Pulau ini merupakan habitat asli binatang komodo, sejenis kadal raksasa pemakan daging. Di Pulau Komodo terdapat lebih dari 2.000 ekor komodo yang hidup di alam bebas.

Kamu bisa melihat komodo yang sedang mengincar mangsanya di banyak lokasi di tempat ini. Sangat penting untuk berkeliling bersama pemandu untuk alasan keselamatan selama berada di sini.

Pada tahun 1986, UNESCO menetapkan Pulau Komodo dan pulau-pulau lain di kawasan Taman Nasional Komodo sebagai situs warisan dunia karena keberadaan komodo yang hanya bisa ditemui di kawasan ini.

Habitat dari hewan yang terancam punah ini adalah alam terbuka dengan padang rumput, pantai berpasir putih dan hutan hujan tropis.


Pulau Komodo meraih penghargaan sebagai New Seven Wonders of Nature yang merupakan penghargaan untuk tujuh tempat wisata alam terbaik di dunia.

Penentuan pemenang diperoleh dari hasil voting dan penelitian para ahli, pulau Komodo berhasil meraih voting tertinggi bersama enam tempat wisata lainnya yaitu Air Terjun Iguazu, Hutan Amazon, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, Teluk Halong, Pulau Jeju dan Table Mountain. Gokil kan.

Komodo sendiri merupakan binatang reptil sejenis kadal raksasa pemakan daging yang panjangnya bisa mencapai 2-3 meter dengan berat 100-165 kg.

Binatang ini memiliki nama ilmiah Varanus Komodoensis, sedangkan warga setempat menyebut binatang ini dengan nama ‘Ora’.

Jika dilihat, komodo memang menyeramkan, dengan badan yang besar, kuku yang tajam, kulit yang bersisik dan memiliki lidah bercabang dua yang selalu menjulur.

Mangsa utama komodo adalah babi, kuda, rusa, musang, kerbau dan beruk. 

Sekilas sejarah Pulau Komodo

Pada tahun 1910, Letnan Steyn Van Hens Broek pergi ke Pulau Komodo untuk membuktikan laporan pasukannya yang mengatakan bahwa terdapat binatang semacam naga di pulau ini.

Broek bersama pasukannya yang sudah terlatih kemudian memutuskan untuk datang ke pulau ini untuk memburu binatang tersebut.

Dia dan pasukannya berhasil membunuh satu komodo yang kemudian difoto dan dikirim ke Botanical Garden di Bogor.

Tahun 1912 adalah tahun pertama kali keberadaan komodo diketahui umum melalui jurnal yang ditulis Peter A. Ouwens dan dimuat di surat kabar harian milik Hindia Belanda.

Ouwens merupakan Direktur Museum Zoologi di Bogor. Kemudian pada tahun 1915, pemerintahan Belanda mulai melarang pemburuan komodo karena khawatir binatang ini akan punah.


Apa yang bisa dilakukan di Pulau Komodo?

Selain melihat kehidupan komodo di habitat aslinya, ada banyak hal lain yang bisa kamu lakukan di Pulau Komodo? Ada banyak, nih gue kasih tahu. 

Trekking

Pulau Komodo tak hanya berisi binatang komodo, Selain komodo, ada banyak binatang lain yang menghuni pulau ini seperti kuda, rusa, berbagai spesies burung, ular, biawak dan masih banyak lagi.

Salah satu cara untuk menikmati pulau ini adalah dengan melakukan trekking. Kamu bisa melihat binatang-binatang tersebut saat trekking di Pulau Komodo. 

Saat trekking, kamu akan diajak mendaki Gunung Ara yang memiliki ketinggian 538 meter di atas permukaan laut.

Kamu juga akan melewati Water Hole yang merupakan tempat minum dan beristirahat komodo. Kamu bisa melihat komodo-komodo yanng sedang minum atau berteduh di bawah pohon di sekitarnya, kalo kesini sama mantan bisa juga kamu korbankan untuk komodo-komodo itu. 

Ada empat jalur trekking yang bisa kamu pilih, mulai dari short, medium, long sampai adventure. Panjangnya jalur trekking ini adalah 1-8 km tergantung jenis yang kamu pilih.

Jika memilih long dan adventure, kamu akan diajak melewati hutan, sungai dan perbukitan yang indah. Sedangkan untuk short, perjalanan akan berakhir di atas perbukitan dengan pemandangan teluk yang mengagumkan.

Namun, keempat jalur trekking tersebut akan melewati Water Hole sehingga kamu gak perlu bingung memilih jalur yang mana. 

Selama trekking, kamu dan rombongan akan ditemani seorang ranger atau pemandu sekaligus pawang komodo.

Ranger akan membekali kamu dengan tongkat yang ujungnya bercabang dua. Dikatakan bahwa tongkat tersebut dibuat dari satu jenis pohon yang bisa menjadi senjata untuk melemahkan komodo.

Jika komodo menyerang atau mengejar tiba-tiba, ujung tongkat yang bercabang digunakan untuk menekan leher komodo, dalam waktu singkat komodo akan melemah dan berhenti menyerang.

Cocok buat mantan yang masih membayang-bayangin kamu yang udah move on.

Menyelam dan Snorkeling 

Pulau Komodo gak cuma menawarkan keindahan alam daratan aja. Alam bawah laut di pulau ini juga gak kalah indah.

Ada sekitar 386 jenis terumbu karang, 70 jenis bunga karang, rumput laut sebagai rumah bagi ribuan jenis ikan, penyu hijau, paus, hiu, lumba-lumba dan lain-lain. 

Alam bawah laut Pulau Komodo dan kawasan Taman Nasional Komodo disebut sebagai salah satu lokasi menyelam terbaik di dunia.

Saat menyelam atau snorkeling di sini, kamu bisa menyaksikan keindahan biota laut yang sangat kaya dan beragam.

Dari sekian banyak titik menyelam yang ada, berikut adalah tiga titik menyelam terbaik di Pulau Komodo menurut banyak penyelam:

1. Batu Samsia 
Batu Samsia adalah salah satu titik menyelam yang menjadi favorit. kamu bisa menyusuri serangkaian saluran air dan dapat berinteraksi dengan kura-kura, hiu dan beraneka macam ikan kecil lainnya. 
2. Toko Toko 
Toko Toko disebut sebagai istana batu dalam air. Berada di kedalaman 7 meter di bawah permukaan laut, kamu bisa menikmati keindahan terumbu karang dengan berbagai warna dan ikan-ikan yang berenang di antara karang. 
3. Crystal Rock 
Titik ini juga menjadi favorit para penyelam. Berada di kedalaman 5 meter, kamu bisa menemukan katak ikan, Barramundi Cod, Parrotfish dan beberapa jenis ikan lainnya. 

Waktu terbaik untuk menyelam di perairan ini adalah pada bulan Maret-Desember. Hal ini dikarenakan arah angin, suhu air, kuat arus dan musim yang mempengaruhi jarak pandang saat menyelam terhitung baik pada bulan-bulan tersebut. 

Apa lagi yang menarik di Pulau Komodo?

Pantai Pink Pulau Komodo


Di pulau ini terdapat satu pantai yang sangat unik yaitu Pink Beach. Pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Merah Muda, namun warga sekitar lebih suka menyebutnya sebagai Pantai Merah.

Pantai Merah Muda ini memiliki pasir pantai yang berwarna merah muda, warna tersebut akan semakin terlihat jelas pada saat pasir basah oleh ombak. 

Menurut penelitian, warna merah muda di pantai ini disebabkan oleh serpihan koral yang hancur dan bercampur dengan pasir pantai.

Di dunia tercatat hanya terdapat tujuh pantai dengan pasir berwarna merah muda dan yang berada di Pulau Komodo ini adalah salah satunya. 

Pink Beach Pulau Komodo


Keindahan pantai ini bukan hanya pada warna pasirnya yang unik. Alam bawah laut di sini juga terkenal indah. Pantai ini juga seringkali dijadikan lokasi menyelam dan snorkeling.

Transportasi 


Transportasi di Pulau Komodo bisa dilakukan melalui udara, darat dan laut atau gabungan dari ketiganya. 

1. Udara 
Jika menggunakan pesawat, kamu akan terbang dari Denpasar menuju Labuan Bajo. Setelah itu kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal ferry untuk ke Pulau Komodo. 

2. Laut 
Kamu bisa berangkat dari Tanjung Benoa, Bali, menuju ke Labuan Bajo. Dari Labuan Bajo, perjalanan menuju Pulau Komodo dilanjutkan dengan menggunakan kapal ferry.

3. Darat 
Tersedia bus dari Denpasar menuju Labuan Bajo. Bus akan menyeberang menggunakan kapal ferry. Sesampainya di Labuan Bajo, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan kapal ferry lagi menuju Pulau Komodo. 

Selain tiga pilihan tersebut, kamu juga bisa memilih Live on Board. Jika kamu memilih Live on Board, kamu akan menginap di atas kapal selama beberapa hari untuk menuju kawasan Taman Nasional Komodo.

Selama perjalanan kamu bisa menyelam bersama rombongan dan pemandu. Fasilitas yang diberikan pun terhitung lengkap mulai dari kamar tidur, makan dan juga toilet.

Harga yang dikenakan berkisar antara 175-10.000 USD per malam tergantung berapa hari paket yang kamu pilih serta fasilitas yang ada. Kapal berangkat dari Bima, Bali, Lombok dan Labuan Bajo.

Akomodasi 

Banyak wisatawan memilih untuk menginap di hotel yang ada di Labuan Bajo. Namun selain dari hotel di Labuan Bajo, ada alternatif penginapan lain: 

1. Kapal sewaan 
Selain untuk berkeliling, kamu juga bisa menggunakan kapal sewaan untuk menginap. Sebagian kapal telah dilengkapi dengan tempat tidur, toilet dan paket makan. Biaya sewa dan fasilitas tergantung pada besarnya kapal yang Anda sewa. 

2. Rumah penjaga Pulau Komodo 
Kamu bisa homestay di rumah penjaga atau ranger Pulau Komodo. Rumah ini berbentuk rumah panggung dengan persediaan listrik terbatas. Umumnya listrik akan dipadamkan pada pukul 22:00.

Tips wisata ke Pulau Komodo 

Saat trekking, jangan membuat gerakan tiba-tiba atau suara gaduh. Komodo sangat peka terhadap gerakan dan suara. 

Bagi wanita yang sedang dalam masa menstruasi, wajib melapor agar ranger bisa memberi perhatian lebih. Hal ini dikarenakan komodo bisa mencium bau darah dari radius ratusan meter.

Selamat bermain dengan para komodo ya. Kenapa gue tahu semua itu, karena gue udah riset di wikipedia, hehe

Share this

Blogerwin.com adalah website personal calon penulis yang sekarang sedang sibuk menyiapkan konten untuk Youtubenya.

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
4/18/2016 delete

Indonesia Timur memang cakep-cakep yak. Mutiara Indonesia. Mudah-mudahan saya punya kesempatan menjelajah negeri ini bareng dengan anak2 dan ayahnya anak-anak. Salam kenal..

Reply
avatar
11/28/2016 delete

Lombok emg luar biasa ya. Rencana pengen ke lombok dari dulu, terutama ke pulau komodo tapi belum sempet nemu jalan yang murah. Rata2 mahalnya amit2. Mungkin tahun ini bakalan coba cari jalan tikusnya siapa tau ada haha..

Reply
avatar
3/14/2017 delete

Semoga Niatan saya main ke PUlau Komodo yang sempat tertunda tahun kemarin bisa terwujud, Amin ....
niatnya sih ke sana mau kenalan sama Mr. Komodo .... wkwkwk

Reply
avatar

Silakan berkomentar sesuai artikel, berikan saran dan kritik yang membangun, karena tanpa kalian blog ini bukan apa-apa. EmoticonEmoticon