Metode Penyajian Kopi Ala Kafe Dengan Bermacam Jenis Kopi

16.38
Kali ini gue mau ngomongin kopi, iya, minuman yang cocok buat teman nulis, minuman yang cocok buat bersama gebetan dan minuman yang pas saat ingat sama mantan, tapi diseduh tanpa gula.

Resep Cara Membuat Kopi Ala Kafe - Sering kali untuk sebagian orang berfikir kalau kopi adalah minuman yang sangat tidak sehat karena kandungan kafein yang terlalu tinggi pada kopi dapat mengganggu beberapa masalah kesehatan pada tubuh, sebenarnya gangguan mantan yang bikin pikiran makin kacau sih. Padahal jika kalian tahu kopi itu tidak sepenuhnya menjadi minuman yang berbahaya jika di konsumsi dengan tepat. Bagi kalian yang punya penyakit magh atau mempunyai masalah dengan lambung bisa kok minum kopi setelah makan, yang gak bisa tuh minum kopi sambil khayang.



Selain itu juga yang harus diingat dalam mengkonsumsi kopi adalah kandungan gula dalam campuran kopi yang nantinya akan dinikmati. Buatlah kopi dengan gula yang memiliki rendah gula dan sebisa mungkin buatlah kopi dengan air yang lebih banyak atau encer, biar kandungan yang terdapat dalam kopi tidak terlalu banyak diserap oleh tubuh. Kalian dapat menikmati kopi maksimal 1-2 cangkir perhari agar mendapatkan porsi yang pas atau tidak berlebihan untuk menjaga kesehatan dalam tubuh.

Memang saat ini kopi dinikmati bukan hanya sebagai kebutuhan aja sih, tapi malah sekarang cenderung ke gaya hidup, trend meminum kopi ini akhirnya ditangkap sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan bagi para pelaku bisnis cafe, angkringan dan kaki lima, sehingga para pedagang berlomba-lomba menawarkan atau menyajikan sajian kopi yang enak, mewah dan unik.

Mungkin kalian biasa menikmati kopi disaat jenuh, galau atau hanya menikmati begitu saja bersama teman-teman maupuan calon gebetan yang lagi di pedekatein. Nikmat bukan? apa lagi kalo dinikmati bersama cemilan favorit, pasti lebih terasa nikmat. Banyak penyajian kopi yang sangat enak dan nikmat, tinggal pilih aja sajian kopi mana yang akan dinikmati, karena di Jakarta sendiri udah bertebaran dimana-mana.

Nah dalam resep kali ini gue akan berbagi beberapa metode seduh dalam penyajian kopi, yang mungkin akan berguna saat akan menyajikan kopi yang enak dan segar di rumah. Ada beberapa cara penyajian kopi yang mantap yang akan gue bagikan, untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel cara penyajian dibawah ini.

Resep Cara Membuat Kopi Enak Mantap

Kopi Tubruk

Cara Penyajian Kopi Tubruk:


Ini adalah salah satu metode yang paling populer di indonesia, caranya juga simple. Pertama kopi bubuk kira-kira 10 gram (2 sendok makan) seduh dengan air panas 95 derajat celcius 100 ml. Tips dalam pembuatan kopi tubruk adalah masak air sampai mendidih terlebih dahulu, untuk mencapai suhu optimal 95 derajat celcius tunggu hingga busa gelembung air mendidih menghilang, atau sambil nunggu bisa baca artikel cara mendapatkan gems gartis.

Kopi Susu (Cafe au lait)

Cara Penyajian Kopi Susu: 


Pertama seduh kopi seperti cara kopi tubruk pada umumnya yaitu saring ampas kopinya dengan saringan jangan dengan raket nyamuk, kalo gak punya saringan bisa pake raket nyamuk sih. Selanjutnya jangan lupa ditambahkan susu kental manis dan krimer, aduk hingga rata, abis itu tinggal disajikan dengan dingin atau panas, suka-suka kalian aja.

Caffe Latte

Cara penyajian Caffe Latte:

Dalam kopi ini kalian harus memerlukan keahlian barista yang baik, tentunya kita memerlukan espresso atau alat-alat pembuat espresso manual sperti presso (kalau dalam resep ini gue pakai presso temen). Caranya adalah buat double shot espresso (60 ml espresso) tentunya kalian juga harus membuat busa susu. Cara membuat busa susu adalah kocok susu dengan milk frother atau pembuat busa susu, kalo busa susu (milk foam) sudah siap, tuang espresso perlahan ke dalam busa susu hingga membentuk layer yang bagus, membuat kopi Caffe Latte ini membutuhkan banyak latihan dan tentu saja alat pembuat espresso dan milk frother nya.

Espresso

Cara Penyajian Espresso:

Espresso merupakan minuman khas italia, espresso berbahan dasar bubuk kopi yang ditekan dengan uap air bertekanan anatara 9 sampai 10 bar dengan waktu ekstraksi kopi 25-30 detik, jadi untuk membuat kopi espresso ini kita harus memiliki mesin espresso. kalo gak punya bisa pesen. Kalau pun memang tidak ada, kita dapat menggunakan presso, kalo masih gak punya juga yaudah gak usah bikin. banyak pengusaha cafe yang menggunakan alat espresso manual ini, karena harganya yang terjangkau dan tidak di bebani dengan biaya listrik tentunya. Cara membuat espresso sendiri menggunakan 14 gr bubuk kop dengan air 30 ml.

Kopi Jos

Cara Penyajian Kopi Jos:

Dalam pembuatan kopi jos sama seperti pembuatan kopi tubruk, tapi dalam kopi jos ini kalian jangan sampai lupa memasukan bara api atau arang ke dalam kopi, tunggu kopi hingga tidak terlalu panas untuk dapat dinikmatinya sambil makan gorengan.

Vietnamese Cofee (kopi ala vietnam)

Cara Penyajian Vietnamese Cofee:

Ini adalah kopi khas vietnam, kopi vietnam yang biasanya memakai biji kopi robusta, pahit memang dan sangat kental. Untuk mendapatkan kopi yang nikmat, bisanya mereka memakai alat yaitu vietnam drip. Harga alat ini cukup terjangkau karena kita hanya mengeluarkan uang sekitar 70 ribu rupiah aja. Caranya adalah bubuk kopi diletakan diatas vietnam drip, tuangkan air lalu tunggu hingga air menetes kebawah gelas. Proses ini kalian harus bersabar sampai gelas terisi kopi penuh, dapat juga ditambahkan dengan susu kental manis. Rasanya benar-benar sensasi kopi susu ala vietnam enak dan mantap, sangat berbeda dengan kopi susu biasanya.

Turkish Cofee (kopi turki)

Cara Penyajian Turkish Cofee:

Ini adalah kopi khas turki, cara pembuatannya cukup mudah, pembuatan kopi ala turki ini kita memerlukan alat yang sering disebut ibrik, ibrik adalah semacam wadah dari kuningan. Bubuk kopi harus sangat halus, masukan bubuk kopi ke ibrik lalu panggang diatas api atau kompor. tuangkan air masukan dalam kopi rempah-rempah seperti kayu manis, tunggu hingga kopi panas dan secangkir Turkish Cofee ini pun siap kalian nikmati.

Nah inilah kumpulan cara membuat kopi yang enak, semoga saja artikel Resep Cara Membuat Kopi Enak ini berguna untuk kalian pecinta kopi. Silahkan berkreasi dengan menu kopi yang ada di resep ini. Udah dulu gue mau pacaran lagi yaaa.

Share this

Blogerwin.com adalah website personal calon penulis yang sekarang sedang sibuk menyiapkan konten untuk Youtubenya.

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
9/16/2015 delete

ane jadi penasaran sama kopi turki, kayaknya lezat mmm yumiii :ng

Reply
avatar
9/17/2015 delete

klo gw biasanya kopi schetan, murah meriah euy...

Reply
avatar
9/17/2015 delete

bahannya dari kopi sachet :p

Reply
avatar

Silakan berkomentar sesuai artikel, berikan saran dan kritik yang membangun, karena tanpa kalian blog ini bukan apa-apa. EmoticonEmoticon