Seandainya Gak Ada Air?

23.29


“Bu, beli Aqua galon, abis gak bisa bikinin bapak kopi.”

“Lohh abis lagi le, buruan beli sana, nanti marah lagi bapakmu itu.”

“Njeeh bu.”

Beberapa menit kemudian Joko pulang bawa Aqua galon sambil jalan khayang.

“Bu maaf, tadi aku nyari Aqua sampe jalur Gaza, di warung lek Suti udah abis, katanya Aqua galon lagi susah bu’e.”

“Pantesan kamu tuh lama, dari tadi ibu tungguin, ibu kira mampir pacaran sama Susi.”

“Gak bu’e, bu—kenapa ya kita tuh butuh air?” tanya Joko sambil nuangin Aqua galon diatas dispenser.

“Ya buat di minum to le.” Jawab ibu sekenanya.

Tapi buat Joko jawaban ibu masih terlalu klise¸ mungkin bukan cuma Joko aja yang bertanya-tanya kenapa kita butuh sama air, kalo dipikir secara global sih—tanpa air pasti gak ada kehidupan, jadinya air sangat penting buat kelangsungan hidup. Misalnya aja gak ada air nih, kalo mau bikin kopi gak pake air pasti tuh gigi bakalan jadi item semua, mau bikin susu tuh gigi bakalan dikerubungi semut, mau ciuman sama pacar gak enak karena udah keduluan sama semut, apa-apa jadi gak enak kan kalo gak ada air.

Mungkin pernah ada yang tanya, “apa sih air itu?” pasti kalian gak bisa jawab, paling mentok ya ngejawab, “ya air itu air.” Kita tuh jahat sama air, padahal Air itu zat yang setiap hari nemenin kita tapi kita gak tahu siapa dia, kayak kalian punya motor tapi gak ngerti gimana cara pakenya. Kalo kata ensiklopedia sih air itu senyawa bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi—tapi gak di planet lain loh, 71% air nutupin permukaan Bumi, kalian bayangin aja tuh sebanyak apa, kalo buat berenang orang sedunia juga gak bakalan penuh.

H2O

Kalo kita ngomongin air sama manusia, mereka itu sangat deket banget, di tubuh manusia itu terdiri dari 55% sampai 78% air, tergantung dari ukuran badan juga sih. Agar dapat berfungsi dengan baik, tubuh manusia membutuhkan antara satu sampai tujuh liter air setiap hari untuk menghindari dehidrasi; jumlah pastinya bergantung sama tingkat aktivitas, suhu, kelembaban, dan beberapa faktor lainnya. Selain dari air minum, manusia mendapatkan cairan dari makanan dan minuman lain selain air. Sebagian besar orang percaya bahwa manusia membutuhkan 8–10 gelas (sekitar dua liter) per hari.

Gimana gak penting coba air buat manusia.

Selain buat tubuh, air juga sebagai pelarut yang digunakan sehari-hari, misalnya buat tubuh manusia, pakaian, lantai, mobil, makanan, dan hewan. Selain itu, limbah rumah tangga juga dibawa oleh air melalui saluran pembuangan, biar gak bau dan mencemari lingkungan. Selain buat kehidupan sehari-hari, air juga biasa digunakan untuk sains.

tubuh manusia

Air ada dimana-mana, dari awan, dari pohon, dari sungai, dari sumur. Sebenarnya kalo kita bisa menggunakan air dengan bijak, gak akan tuh ada lagi berita kekurangan air bersih. Air adalah obat paling sehat buat segala macam penyakit—karena posisi dia sebagai pelarut. Kerjaan gue setiap hari ngeliatin lalu lintas jaringan kantor, kadang sampai semalaman kalo teman lagi ada perlu, kalo air gak ada, mungkin gue gak bisa nyeduh kopi, kalo gue gak bisa nyeduh kopi pasti gue gak kerja karena jaringan kantor sering error tanpa diawasi penggunaannya, bagi gue air itu penting.

Mungkin juga gak bagi gue aja sih, semua orang kalo ditanya butuh air pasti jawaban mereka bakalan “Butuh”. Balik lagi ke kasus Joko dan Ibunya, air itu udah kayak kayak sendal, meskipun pasangannya banyak tapi tetep cocok, air itu flexible.


Sekarang udah ngerti apa fungsi air buat kehidupan? Kalo belum ngerti baca ulang lagi deh biar kalian ngerti hidup sehat itu gimana ya.

Tulisan ini diikutsertakan dalam kontes

Air dan kehidupan untuk Indonesia lebih sehat



Share this

Blogerwin.com adalah website personal calon penulis yang sekarang sedang sibuk menyiapkan konten untuk Youtubenya.

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
9/01/2014 delete

iya ya, ga kebayang klo sehari aja kita hidup tanpa air btw good luck GAnya

Reply
avatar
9/02/2014 delete

Iya pasti bakalan makin absurd deh, thanks broo :)

Reply
avatar

Silakan berkomentar sesuai artikel, berikan saran dan kritik yang membangun, karena tanpa kalian blog ini bukan apa-apa. EmoticonEmoticon