5 Makanan Yang Cocok Untuk Penambah Berat Badan Anak

Pandemi bikin kita banyak waktu untuk ngulik lebih dalam hal-hal yang jarang kita lakukan, misalnya gue, selama pandemi gue belajar banyak tentang ngedit video, belajar banyak tentang Instagram dan tentunya banyak waktu untuk bermain Bersama anak, karena pandemi bikin gue full time buat kerja dari rumah.

Dari situlah gue mulai melihat dengan detail pertumbuhan anak gue, asupan apa aja yang dikasih sama ibunya dan banyak hal yang tadinya gue acuh jadi ngerti perkembangan anak. Ya dari pandemi masih ada sisi yang bisa dianggap bagus. Semoga kita semua sehat selalu dan segera hidup dengan normal ya teman teman.

Ternyata setelah gue ngobrol banyak dengan istri, makanan apa aja sih yang cocok buat pertumbuhan anak, kita diskusi Panjang lebar, gue bisa simpulkan makanan apa aja yang bisa bikin pertumbuhan anak jadi lebih cepat.



menaikkan bobot tubuh anak, ada banyak banget makanan penambah berat badan anak yang bisa kita kasih, mulai dari daging, ikan, nasi, sampai buah-buahan. Selain bisa ningkatin bobot tubuh anak, makanan ini juga punya banyak nutrisi yang dibutuhin buat proses tumbuh kembang.

Nah ini daftar makanan yang bisa bikin pertumbuhan bobot anak jadi lebih ideal

1. Ikan-ikanan

Ikan adalah sumber protein berkualitas tinggi, lemak, dan kalori yang bisa membuat pertumbuhan bobot anak jadi lebih baik.

Kalo dibandingkan sama daging sapi, kambing, ataupun ayam, umumnya ikan banyak mengandung lebih lemak sehat, kayak omega3 yang bagus buat dukung kesehatan otak dan kecerdasan anak.

Namun, sayangnya ikan cenderung memiliki aroma yang amis, sehingga Si Kecil bisa saja tidak menyukainya. Selain itu, makanan penambah berat badan ini juga bisa menimbulkan reaksi alergi pada sebagian anak.

2. Daging

Banyak Aneka jenis daging, kayak daging sapi, ayam, bebek, ataupun kambing, merupakan sumber kalori, protein, lemak, dan zat besi yang baik untuk anak. Karena kandungan nutrisi di dalam daging, berat badan anak bisa bertambah dan ngasih manfaat lainnya, kayak mencegah anemia dan mendukung pertumbuhan otot anak.

Untuk membuat olahan daging yang disukai anak, bisa dengan membuat olahan nugget dengan halus agar anak dapat menyukainnya dan mudah dicerna.

3. Nasi

Makanan pokok rakyat Indonesia yang ini merupakan salah satu sumber kalori dan karbohidrat yang baik, sehingga termasuk sebagai makanan penambah berat badan anak.

Nasi putih adalah jenis nasi yang sering dikonsumsi. Tapi ternyata masih ada banyak jenis nasi yang lebih sehat dibandingkan sama nasi putih, kayak misalnya nasi merah dan nasi cokelat. Ini karena nasi merah mengandung serat, protein, vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik buat kesehatan dan tumbuh kembang si anak.

4. Susu dan produk olahannya

Susu juga punya peran penting untuk tumbuh kembang anak serta baik untuk kesehatan tulang dan giginya. Susu juga bisa diolah menjadi olahan lain, misalnya kue, yougurt ataupun pudding. Ada banyak susu penambah berat badan anak dipasaran, misalnya Pediasure yang punya banyak rasa, vanilla, madu dan coklat cocok buat anak 1-10 tahun, yang penting pinter pinternya kita aja buat bikin anak doyan dengan susu.

5. Buah-buahan berlemak

Buah-buahan yang berlemak, entah itu alpukat, kacang, pisang, ataupun kelapa, dapat jadi pilihan makanan untuk meningkatkan berat badan anak. Buah-buahan ini bisa dikonsumsi secara langsung ataupun dibuat menjadi banyak hidangan, kayak salad buah, jus, smoothies, ataupun campuran untuk membuat kue yang lezat.

Nah itulah 5 makanan yang bisa membuat penambah berat badan anak yang menurut gue mudah untuk didapatkan dan sebenernya udah disekitar kita sih. Karena pentingnya pertumbuhan anak harus selalu kita pantau agar bisa mendapatkan berat yang ideal dan sehat.

Posting Komentar

0 Komentar