Monday, May 04, 2020

Viral YouTuber Ferdian Paleka Bagi Sembako Isi Batu & Sampah ke Waria

YouTuber Ferdian Paleka menuai kecaman dari netizen usai melakukan prank pada waria. Ferdian bersama rekan-rekannya memberikan sembako yang berisi batu dan sampah.

Viral YouTuber Ferdian Paleka Bagi Sembako Isi Batu & Sampah ke Waria

Aksi Ferdian ini diunggah di YouTube pada Minggu (3/5/2020). Dalam video berdurasi sekitar 12 menit itu, prank memang sudah dirancang dan dilakukan secara sengaja.

"Jadi gini, kita mau mensurvei dulu bencong yang di pinggir jalan apakah bulan puasa ini mereka juga ada atau enggak gitu," kata Ferdian.

Ferdian Paleka


Menurut pengakuan temannya dalam video, sembako tak hanya diisi oleh batu, tapi juga sampah. Sembako palsu itu lalu dibungkus dalam kardus mi yang diikat. Kata Ferdian, aksinya dilakukan untuk memastikan situasi aman di bulan puasa. Tentunya yang dimaksud adalah aman dari waria.

"Jadi kalo ada bencong, kita kasih. Kalau enggak ada berarti kota ini aman waria," ujar Ferdian.

Sebelum membagikan ke waria di pinggir jalan, Ferdian dan teman-temannya mengisi kardus dengan sampah yang ada di tempat sampah. Saat bertemu waria, mereka pun membagikan sembako palsu itu.

Tampak beberapa waria menghampiri Ferdian dan teman-temannya. Raut bahagia terlihat dari para waria itu saat menerima sembako palsu.

Viral YouTuber Ferdian Paleka Bagi Sembako Isi Batu & Sampah ke Waria

YouTuber Ferdian Paleka Bagi Sembako Isi Batu & Sampah ke Waria, Netizen MurkaYouTuber Ferdian Paleka Bagi Sembako Isi Batu & Sampah ke Waria, Netizen Murka/ Foto: Tangkapan layar YouTube

Ferdian mengaku tak kasihan dengan waria-waria yang telah dibohonginya itu. Ia berkilah aksinya dilakukan karena ini bulan Ramadhan.

"Pasti ada yang ngomong, bang lo enggak kasian sama banci-banci itu. Ya mau gimana lagi. Kan ini bulan suci Ramadhan," ucapnya.

Video unggahan Ferdian ini menuai kecaman dan kritik dari netizen. Banyak yang menganggap aksinya tak pantas dan jahat.

"Ga nyangka ada orang sejahat ini...apakah harus hilang humanity demi tenar seperti ini? Please be kind to at least one another," tulis akun cinder***.

"Parah sih ini beneran. Can we expect humanity for a short time dude?," ujar akun @acep*** di akun berita gosip @lambe_turah

"Jahat bgt sumpah. Jahat. Kalian gak tau mereka kayak gt krn apa. Gak ada pantes2nya kalian begini," tulis @_farid***.
Video yang diunggah Ferdian telah dihapus karena mengandung unsur pelecehan dan bullying. Hingga berita ini diturunkan, belum ada pernyataan resmi dari Ferdian Paleka.

Pelaku Minta Maaf lewat Instagram Story


Pada akun diduga miliknya yang baru, Ferdian membuat video singkat disertai permohonan maaf kepada masyarakat Indonesia khususnya warga Kota Bandung. Tapi ia tidak meminta maaf atas perbuatan yang menistakan orang itu kepada transpuan, korban pranknya.

Viral YouTuber Ferdian Paleka Bagi Sembako Isi Batu & Sampah ke Waria

Ferdian Paleka, Youtuber yang membuat konten prank untuk transpuan.

"Oke guys, jadi langsung ajalah, Palekapresent deh. Gue gak tahu mulai dari mana. Yang ada di Palekapresent," ucapnya di video yang tidak menunjukkan penyesalannya. Kalimatnya pun membingungkan. Video itu ia unggah pada Senin dinihari, 4 Mei 2020 di akun Instagramnya yang baru. 

Pada video yang diunggah di beranda Instagramnya, ia hanya menuliskan, "Mohon maaf kepada seluruh masyarakat Indoensia dan dunia perYoutubean." 

Unggakap lebih jelas ada di Instagram Storynya. "Mohon maaf kepada seluruh netizen saya akui saya salah membuat konten ini di tengah poandemik. Dalam video saya akui saya khilaf demi adsense saya melakukan hal bodoh yang menyakiti seluruh warga negara Indonesia dan pihak yang bersangkutan. Sekali lagi saya Ferdian Paleka yang membuat video ini saya minta maaf kepada semuanya," tulisnya.

Video yang sudah di takedown oleh pelaku


Di antara permintaan maaf, ia masih sempat meminta netizen untuk tidak melaporkannya lagi. "Mohon jangan report akun saya lagi karena sudah hampir belasan saya bikin tapi selalu direport."


Ia meminta belas kasihan dengan berlindung di balik kalimat Allah maha pemaaf. "Saya yakin sifat Allah yang maha pemaaf pasti ada di diri kalian. Saya minta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya pemerintah Bandung dan Kota Bandung, saya janji tidak akan mengulangi lagi," tulisnya. 

Pada unggahan terbarunya di Instagram story, ia menuliskan pesan yang mengisyaratkan itu memang akunnya yang baru. "Tunggu video permintaan maaf dan klarifikasi aku ya. Jujur sekarang lagi down gak bisa apa-apa," tulisnya disertai emotikon menangis untuk menarik simpati.