Hari Jadi yang ke-266 Caroline Herschel, Penemu Komet Yang Jadi Google Doodle Hari Ini

08.49
Dulu waktu gue masih SD, gue suka banget sama dunia astronomi, ditambah dengan filmnya Sherina itu yang bikin gue makin gregetan. Hari ini google memperingati hari jadi Caroline Herschel yang ke 266 sebagai penemu komet.

Siapa Caroline Herschel di Google Doodle Hari Ini, Rabu (16/3/2016)? Kemunculan gambar Caroline halaman depan mesin pencari Google menandakan wanita ini adalah orang penting dan memberikan banyak kontribusi jasa dibidang tertentu.

Faktanya memang Caroline Herschel sangat berjasa dibidang astronomi atau ilmu perbintangan. Lahir pada 16 Maret 1750 di Hanover, Jerman, dunia Astronomi sudah menjadi daya tarik bagi Caroline sejak kecil.

Tidak heran karena kakaknya yang bernama Sir William Herschel adalah seorang ilmuwan yang membaktikan dirinya dibidang ilmu astronomi.

Nama Caroline Herschel makin berkibar karena menemukan komet yang dikenal sekarang dengan 35P atau komet Herschel-Rigollet pada 21 Desember 1788.

Dijelaskan bahwa komet 35P atau komet Herschel-Rigollet ini berada pada periode orbit 155 tahun. Fakta menunjukkan berkat jasanya, Caroline diberikan Golden Medal Royal Astronomical Society pada tahun 1828, sebuah penghargaan khusus bagi mereka yang berhasil memberikan kontribusi dibidang astronomi.
Foto Caroline Lucretia Herschel, ahli astronomi wanita asal Jerman

Bernama lengkap Caroline Lucretia Herschel dan lahir 266 tahun yang lalu, fakta lain menunjukkan bahwa wanita yang masuk sebagai Anggota Kehormatan Royal Astronomical Society (1835, dengan Mary Somerville) ini telah membantu Wilhelm menghasilkan reflecting teleskop bagi dunia.

Ahli dibidang astronomi, Caroline juga ahli di bidang matematika aljabar. Berkatnya lahir rumus untuk perhitungan dan konversi sebagai dasar dalam mengamati bintang dan berapa ukuran jarak astronomi.

Berkat jasanya, tante dari ilmuwan John Frederick William Herschel ini dihargai Google Doodle dengan gambar animasi bergerak.

Hari lahir Caroline Herschel ke 266 menjadi Doodle di mesin pencari supaya banyak orang mengetahui fakta tentang wanita yang akhirnya meninggal pada 9 Januari 1848, di Hannover, Jerman, tempat kelahirannya.

Kenapa gue bisa tahu? Karena gue baca di Wikipedia.

Share this

Blogerwin.com adalah website personal calon penulis yang sekarang sedang sibuk menyiapkan konten untuk Youtubenya.

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »

Silakan berkomentar sesuai artikel, kasih saran dan kritik yang membangun, karena tanpa kalian blog ini bukan apa-apa. EmoticonEmoticon