Cara Hidup Hemat Anak Kost

11.29
Hidup sebagai anak kost-an memang unik. Di satu sisi, kamu bebas menentukan pilihan sendiri. Tidak harus terikat dengan aturan rumah lagi. Tapi di sisi lain, jadi anak kost juga mendorongmu untuk mau tak mau jadi pribadi yang mandiri. Sebab kini sudah tidak ada orang tua yang selalu siap sedia membantu 24 jam lagi.

Nah, salah satu tantangan jadi anak kost adalah perkara menghemat uang bulanan. Belum tanggal “gajian”, uang bulanan dari orang tua dan uang gaji dari perusahaan sudah hampir habis saja.


“Bro makan keefchi yuk?” ajak Slamet.

“Yah, gak bisa bro, katanya keefchi gak bolehin anak kost makan pas tanggal tua.” Jelas Joko.

“Loh kenapa Ko?” Slamet mulai bingung.

“Iya, kata asosiasi perkostan sedunia, anak kost dilarang makan di keefchi atau fastfood manapun, kalo kita ngelanggar nanti di deportasi ke planet nibiru.”

“Serem ya bro.”

“Iya, yaudah bikin mie aja yuk.”

“Nah, ok tuh.”

*lalu mereka bikin mie dan makan bersama dengan riang gembira*

Setiap kali nyebut tanggal tua pasti pikiran gue langsung dihantui status anak kost, entah siapa yang mencetuskan analogi ini. Gue sendiri udah menjabat jadi anak kost jilid ketiga, pertama kali jadi anak kost gue berada di kota Kalimantan, kedua gue berada di kota Surabaya dan kali ini gue berada di Pulau Dewata.

Bagi kaum yang dikategorikan anak kost membeli makanan lebih dari sepuluh ribu hukumnya adalah haram, kaum anak kost juga diwajibkan bisa menghemat biaya APBK (Anggaran pendanaan Biaya Kost) menjadi 50% dari anggaran yang udah ditentukan agar bisa hidup tentram dan nyaman dari kekurangan karbohidrat.

Maka dari itu, disamping harus punya mutual friends, anak kost juga harus pintar dalam menghitung budget pengeluaran harian, karena kalo salah sedikit bisa puasa seharian, mingguan atau bahkan bulanan.

Oke, gue terlalu lebay.

Sekarang gue mau kasih tahu caranya hemat ala anak kost biar pas tanggal tua gak cuma makan mie atau gigit jari sambil endus-endus lem kayu. Here we go!

1. Stok mie dan beras


Gue sih punya jadwal makan mie minimal seminggu sekali, jadi dalam sebulan bisa makan mie sebanyak empat kali, setiap hari gue masak nasi dan beli lauk di warung biar lebih hemat lagi, sebenernya biaya yang udah gue anggarkan sebanyak 500k/bulan bisa gue tekan jadi 300k/bulan untuk anggaran makan. Lebih hemat bukan? Ps: Kost di Denpasar


2. Punya banyak mutual friends

Ini penting loh, punya mutual friends itu bagus buat peluang kerja, calon pacar dan bantuan ditanggal tua. Jadi mulai sekarang banyak-banyakin deh punya teman dulu, kalo pacar nanti aja dulu ya.


3. Datang ke kondangan

Punya banyak temen pasti punya banyak acara kondangan, itu adalah kesempatan bagi kamu buat lebih hemat tapi bisa makan enak, jangan pernah lewatkan moment itu, karena kesempatan gak datang dua kali anak muda, atau kalo mau lebih kreatif pas pulang bungkus cemilan yang kiranya bisa awet tiga hari.


4. Weekend nginep di rumah teman

Acara nginep atau kumpul kebo di rumah temen ini bisa jadi alternatif makan gratis 3x, belum lagi kalo temen kamu jomblo dan pengertian, pasti banyak cemilan yang keluar dari lemari dapur.


5. Power of Recehan


Setiap kali belanja bulanan atau beli lauk di warung usahain kembalian recehan disimpen, jadi kalo sewaktu-waktu butuh tambahan uang, recehan bisa jadi pahlawan nan rupawan yang menjelma menjadi malaikat kecil.


6. Kerja Sambilan atau Parttime

Kalo semua hal diatas itu masih belum bikin kalian hemat, saatnya nyari kerja part-time buat tambahan di tanggal tua, kerja apa aja yang penting nyaman dan gak ganggu kegiatan primer kalian.


Nah itu enam tips dari gue buat anak kost seluruh dunia yang lagi kejebak finansial di tanggal tua, sebenarnya bukan buat anak kost juga sih, buat orang yang pengin mandiri bisa juga kok diterapkan, jadi hemat itu asik dan awesome bro. Kalo ada yang mau sharing bisa kok ditambahin di kolom komentar loh.

Anak kost itu lebih awesome dari anak rumahan.

Share this

Blogerwin.com adalah website personal calon penulis yang sekarang sedang sibuk menyiapkan konten untuk Youtubenya.

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »

12 komentar

Write komentar
9/28/2014 delete

pffttt dalam bentuk mie instan

Reply
avatar
9/29/2014 delete

iya, mie instans tapi kan beda judulnya bro :D

Reply
avatar
9/30/2014 delete

Hampir semua anak kostan begini ya nasibnya.
Pernah mengalami hal ini

Reply
avatar
10/01/2014 delete

yang kerja kayanya oke tuh . sangat membantu

Reply
avatar
10/01/2014 delete

yoi bro, anak kost mah mesti pinter cari peluang dalam kesempitan dompet :p

Reply
avatar
10/06/2014 delete

semua anak kost begitu. efeknya apa ya dalam jk panjang

Reply
avatar
10/06/2014 delete

efeknya jadi mandiri, gitu :)

Reply
avatar
2/16/2015 delete

MiQHNuR juga anak kostan. dan smua anak kostan itu sama...
salam kenal ya ..
nanti, jangan lupa mampir ke blog MiQHNuR yaa. dijamin kalo dah mampir kamu nggak bakalan rugi deh..
katamiqhnur.com

Reply
avatar
2/16/2015 delete

salam kenal brooo, tapi sekarang ane mantan anak kos :D

Reply
avatar
9/27/2015 delete

wow, jadi anak kos jilid ketiga yaa..
kalo aku baru jilid dua, jadi msih junior..
mohon bimbingannya kakak :p

Reply
avatar
9/28/2015 delete

iya kakak, dijual kakak :D

Reply
avatar

Silakan berkomentar sesuai artikel, kasih saran dan kritik yang membangun, karena tanpa kalian blog ini bukan apa-apa. EmoticonEmoticon