Gunung Rinjani Lombok adalah Potongan Surga Kecil


Ngomongin film 5cm jadi ingat gunung Rinjani yang ada di Lombok itu, gunung yang disukai banyak kalangan penikmat perjalanan. Jadi hari ini gue mau ngebahas tentang Traveling, intro yang epic, hehe.

Bekicot.

Pesona Lombok sebagai kawasan pulau yang terkenal dengan destinasi wisata baharinya seperti Gili Trawangan, Pantai Senggigi, dan Kuta Lombok juga ada pada daya pikat Gunung Rinjani yang menantang dan menyuguhkan lanskap indah nan menawan dari ketinggian. Gak mudah buat menaklukkan Gunung Rinjani karena kamu harus melakukan pendakian lebih dari 4 kilometer, belum lagi melewati halang rintang selama pendakian, belum lagi kalo bawa cewek yang manja, hehe

Jika kamu ingin melakukan perjalanan ke Gunung Rinjani, jangan buat coba-coba. Kamu harus memiliki nyali yang cukup, kondisi fisik yang memadai, serta sedikit pengetahuan dasar pendakian gunung. Karena gunung gak seperti yang ada di film.

Gunung Rinjani Lombok terletak di bagian utara Pulau Lombok, merupakan gunung tertinggi di Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan ketinggian mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut. Gunung Rinjani adalah gunung tertinggi ke tiga di Indonesia.


Pesona sunrise di puncak Gunung Rinjani Lombok via kemanaajaboleeh.com

Menurut kisah lokal yang berkembang, Gunung Rinjani dulunya merupakan istana yang menjadi tempat bersemayam ratu jin yang bernama Dewi Anjani. Dewi Anjani ini adalah puteri seorang raja bernama Datu Tuan dan permaisurinya Dewi Mas yang konon berkuasa di sebuah kerajaan kecil di Pulau Lombok.

Alamat Gunung Rinjani Lombok: Taman Nasional Gunung Rinjani, Sembalun Lawang, Nusa Tenggara Barat
Peta Lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -8.4112952,116.4573488


Eksotisme Gunung Rinjani Lombok

Terlepas benar atau gaknya mitos Gunung Rinjani Lombok tersebut, tempat wisata kebanggaan masyarakat Nusa Tenggara Barat ini menyimpan pesona alam yang eksotis dan mengagumkan. Banyak titik-titik menarik yang dapat kamu temui di Gunung Rinjani, mulai dari bagian kawah, danau, mata air panas, goa, air terjun, lubang letusan, panorama kaldera, puncak, hingga aliran lava baru.


Air Terjun Sendang Gile di kaki Gunung Rinjani via lombokindonesia.org

Sejumlah spot wisata Gunung Rinjani dan favorit di kalangan wisatawan, yaitu Tetebatu, Senaru, dan Sembalun dengan keindahan alam pegunungan yang eksotis. Ada satu spot lagi yang tak kalah menarik di Gunung Rinjani Lombok, yakni Segare Anak, sebuah danau yang terbentuk secara alami akibat letusan Gunung Rinjani di masa lampau. Segare artinya laut, dengan demikian Segare Anak bisa diartikan sebagai lautan kecil anak dari Gunung Rinjani.


Panorama indah Danau Segara Anakan di Gunung Rinjani via trekrinjani.blogspot.com

Oleh masyarakat lokal, danau ini sering disebut sebagai laut karena air danau tersebut berwarna biru jernih layaknya air laut asli. Danau Segare Anak terdapat pada ketinggian 2.800 meter dan memiliki berbagai jenis ikan, seperti ikan harper, mujair, hingga ikan Mas.

Lagi-lagi menurut keyakinan lokal, konon Danau Segare Anak dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahkan tempat ini dulunya sering dijadikan lokasi pemujaan atau ritual untuk mendapatkan ilmu atau benda-benda sakti. Tapi sayang, katanya untuk mencari jodoh disini gak bisa, mending di media sosial aja, kata ketua jomlo regional Lombok, hehe

Gak jauh dari Danau Segare Anak, kamu juga dapat temukan sebuah gunung kecil yang bernama Gunung Baru atau New Mountain. Gak banyak orang yang berani menaklukkan puncak Gunung Baru ini sebab hingga sekarang gunung tersebut terus mengeluarkan gas. Emang ya, semua hal yang berbau gas itu selalu berbahaya, apalagi teman yang tiba-tiba membuang gasnya.


Flora & Fauna Gunung Rinjani Lombok

Tak hanya menawarkan pesona panoramanya yang eksotis, Gunung Rinjani Lombok juga menghadirkan keindahan dunia flora dan fauna. Pada ketinggian 1.000 meter hingga 2.000 meter pada bagian selatan dan barat gunung, kamu dapat menemukan sejumlah tumbuhan yang jarang dijumpai di dataran rendah. Tumbuh-tumbuhan tersebut adalah Dysoxylum sp, Ficus Superba, serta Pterospermum.

Kalo kamu gak tahu artinya, mending googling aja deh ya.


Desa Sembalun Lawang ketinggian 1200 meter dpl via trekkingrinjani.com

Jika kamu pergi lebih ke atas lagi hingga di ketinggian 2.000 – 3.000 meter, kamu akan menjumpai tumbuhan Cemara Gunung (Casuarina Junghuhniana). Di atas ketinggian lebih dari 3.000 meter, gak banyak tumbuhan yang hidup selain hamparan rumput dan bunga Edelweiss (Anaphalis Javanica). Jika kamu mengalihkan pandangan ke arah timur, kamu akan menyaksikan pepohonan Akasia yang tumbuh di sana.


Pepohonan cemara di ketinggian 2.000 – 3.000 meter dpl Gunung Rinjani via liautama.com

Di Gunung Rinjani Lombok ini terdapat lebih dari 109 spesies burung. Beberapa di antaranya adalah jenis burung yang banyak terdapat di Australia. Ada juga spesies monyet, rusa, dan landak yang berasal dari Bali. Jika kamu mengunjungi Pelawangan Sembalun, kamu akan menjumpai spesies monyet berekor panjang yang suka mengganggu pendaki. Biasanya kawanan monyet ekor panjang ini merusak tenda pendaki, lalu mencuri makanan dalam tenda. Monyet ekor panjang ini terkenal sangat cerdas dan berani.


Spesies monyet di Gunung Rinjani via zadat05.blogspot.com

Karena menyimpan banyak sisi unik dan pesona alam yang eksotis, Gunung Rinjani Lombok sering dijadikan sebagai ajang trekking oleh para pendaki yang menyukai tantangan dan petualangan. Setiap hari, terdapat puluhan pendaki baik yang berasal dari daerah setempat, luar pulau, hingga kalangan luar negeri yang melakukan petualangan dengan melakukan pendakian.

Tetapi perlu pula diketahui bahwa di balik pesona dan keindahan yang dimilikinya, Gunung Rinjani Lombok adalah termasuk salah satu dari 6 gunung paling berbahaya di Indonesia. Ini disebabkan karena gunung tersebut masih menyimpan banyak misteri yang belum diketahui. Tak jarang pula cuaca yang cerah tiba-tba berubah menjadi buruk dan mungkin menyebabkan pendaki tersesat, lalu tak lama ditemukan telah meninggal dunia.

Serem.


Berkemah di Segara Anak Gunung Rinjani Lombok via beritau.net

Hal-hal ini tentu saja bukanlah penghalang bagi kamu yang telah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk melakukan perjalanan ke Gunung Rinjani Lombok.


Rute Perjalanan ke Gunung Rinjani

Ada 2 cara untuk menuju lokasi Gunung Rinjani Lombok, yaitu melalui jalur darat dan udara, tergantung dari mana kamu memulai perjalanan. Yang penting gak berenang dari Jakarta deh, capek pastinya.

Jika kamu memulai perjalanan dari Banyuwangi, kamu harus menuju ke Pelabuhan Gilimanuk Bali dengan menggunakan kapal ferry berbiaya Rp 8 ribu per orang. Dari pelabuhan Gilimanuk, perjalanan dilanjutkan ke Terminal Ubung Denpasar dengan menggunakan bus berbiaya Rp 35 ribu (perjalanan sekitar 3 jam).

Dari terminal Ubung, dilanjutkan lagi ke Terminal Mandalika Mataram dengan biaya Rp 25 ribu. Dari terminal Mandalika, selanjutnya naik kendaraan yang berjenis Elf menuju Pasar Aikmel dengan ongkos sekitar Rp 20 ribu. Di pasar ini, kamu dapat membeli kebutuhan logistik sebagai bekal selama pendakian ke Gunung Rinjani.


Terus nyampe deh, dan jangan lupa berdoa sebelum melakukan pendakian, biar aman dan nyaman.



Posting Komentar

2 Komentar